Warga Tenjo Antusias Nonton Golek Dan Reog

Rabu, 3 Juni 08:29 Berita Kecamatan
Warga Tenjo Antusias Nonton Golek Dan Reog

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
1/6/2015
TENJO

Warga beserta seluruh elemen masyarakat Kecamatan Tenjo antusias menyaksikan Diseminasi Informasi melalui media tradisional pagelaran wayang golek dan reog. Ratusan orang memadati lapangan Desa Babakan, Kecamatan Tenjo utnuk menyaksikan kegiatan yang diprakasai Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533 tahun 2015.

Kepala Seksie Pelayanan Informasi Diskominfo, Dadang Iwa mengatakan, kesenian tradisional memiliki unsur hiburan, pendidikan dan penerangan sehingga keberadaannya masih disukai masyarakat. Oleh karenanya Diskominfo melakukan kegiatan diseminasi informasi atau penyebarluasan informasi melalui media tradisional, dengan harapan masyarakat dapat menerima informasi tentang program pemerintah Kabupaten Bogor yang sudah ada, sedang dan akan dilaksanakan. Hal ini guna meningkatkan dan menumbuhkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Dalam hal ini juga, sebentar lagi seluruh masyarakat Kabupaten Bogor akan memperingati HJB ke-533. Kabupaten Bogor secara bertahap terus menerus melaksanakan pembangunan guna mewujudkan kabupaten termaju di Indonesia. Maka dengan tema peringatan “ayo kita bekerja untuk Bogor kabupatenku” kita memiliki komitmen untuk bersama-sama bekerja sesuai bidangnya membangun Kabupaten Bogor”, terang Dadang.

Camat Tenjo, Chaerudin Pelani menjelaskan, dirinya mewakili masyarakat Kecamatan Tenjo khusunya Desa babakn mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo yang menentukan Desa Babakan sebagai lokasi kegiatan diseminasi informasi melalui media tradisional wayang golek dan reog. Kami bermanfaat segala informasi yang berguna dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, hingga dapat mewujudkan Kabupaten Bogor termaju di Indonesia.

“Kesenian tradisional merupakan salah satu cara melakukan pendekatan kepada masyarakat yang masih efektif untuk masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya masyarakat kecamatan Tenjo. Minat masyarakat Tenjo masih sangat tinggi terhadap wayang golek, reog dan kesenian tradisional lainnya. Oleh karenanya sudah sangat tepat bila pagelaran wayang golek dan reog ini diisi materi mengenai informasi-informasi program pembangunan dan mengajak masyarakat berpartisipasi di dalamnya”, terang Chaerudin.

Selanjutnya Kepala Desa Babakan, Suwardi menambahkan, kultur masyarakat di sini sangat terbuka dengan kesenian dan kebudayaan, maka tepat sekali bila Diskominfo mengadakan kegiatan diseminasi informasi melalui media tradisonal di sini. Kemudian dalam rangangka menyambut HJB ke-533 kami juga dalam waktu yang bersamaan mengadakan serangkaian kegiatan seperti pertandingan sepak bola dan kegiatan lainnya.

“Kemudian, hari ini berbarengan dengan pagelaran wayang golek dan reog, sebelumnya kita melaksanakan kegiatan pawai dongdang yang diikuti peserta dari BPD, LPM, RT, RW dan tokoh masyarakat Tenjo. Jadi meski Kecamatan Tenjo berada di bagian terujung Kabupaten Bogor, masyarakatnya tetap merasa menjadi bagian dari Kabupaten Bogor dan merayakan HJB ke-533. Selain itu, masyarakat juga bisa terinformasikan dengan baik mengenai program dan kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui kegiatan ini.(RIDO/DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)