Warga Minta Jalan Cibuyutan Dibangun

Jumat, 11 Juli 11:08 Berita Kecamatan
Warga Minta Jalan Cibuyutan Dibangun

Sedikitnya 800 kepala keluarga yang bermukim di Kampung Pasirangin dan Cibuyutan Desa Sukarasa Kecamatan Tanjungsari hingga kini masih terbelakang lantaran kondisi akses jalan menuju ke kampung tersebut yang masih belum layak. Saat ini ruas jalan yang menuju dua kampung itu masih berupa jalan berbatu an bahkan ada sebagian yang masih terdiri dari jalan setapak. Untuk itu, warga meminta kepada pemerintah desa dan Pemkab Bogor agar segera membuka ruas jalan tersebut agar warga lebih mudah dalam beraktivitas.

“Warga kampung Cibuyutan mendesak saya agar segera melakukan pembangunan jalan karena mereka sangat membutuhkan. Memang kalau melihat kondisi jalannya sudah rusak parah karena sebagian masih merupakan jalan setapak. Memang ada sebagian yang sudah lebar namun itu juga kondisinya sudah rusak. Warga disana sebenarnya sih tuntunannya sederhana yang penting jalan bisa dilalui mobil,” kata Kepala Desa Sukarasa Kecamatan Tanjungsari, Endang Farid Ma’ruf kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Menurut dia, kondisi jalan yang belum layak tersebut berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian warga. Karena itu, warga meminta dirinya untuk segera melakukan pembangunan agar mereka dapat meningkatkan perekonomian. Farid mengaku, pembangunan jalan sepanjang empat kilometer tersebut akan membutuhkan biaya yang besar.

“Yang penting jalannya keras dan dapat dilalui kendaraan roda empat. Saya memahami, dengan jalan yang cukup panjang itu akan menghabiskan dana yang tidak sedikit. Namun karena melihat banyaknya warga yang akan menggunakan jalan tersebut saya akan memperjuangkan agar secepatnya melakukan peningkatan jalan menuju dua kampung tadi. Untuk lahan, saya selaku pemerintah desa siap menyediakannya dan pemkab tidak perlu menganggarkan dana untuk pembebasan lahan. Saya dan warga sudah sepakat menyediakan lahan jika ada yang harus dibebaskan. Memang sudah ada respon dari Pemerintah Kecamatan Tanjungsari namun itu baru sebatas memperjelas kondisi jalan,” tandasnya.(MC/Diskominfo Kab.Bogor)