Warga Harapkan Pendidikan Gratis Hingga SMA

Jumat, 11 Juli 10:54 Berita Kecamatan
Warga Harapkan Pendidikan Gratis Hingga SMA

Gunungputri, Wacana pemekaran Bogor Timur (Botim) semakin mengkristal di berbagai kalangan, bahkan hingga ke lapisan masyarakat. Di kawasan industri itu, hal tersebut kini menjadi isu sentral yang semakin menguat.

Pemekaran itu pun diharapkan menjadi salah satu angin segar bagi masyarakat dalam memperoleh hal pendidikan secara gratis hingga jenjang SMA. Sehingga, tarap hidup perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Bogor Timur makin meningkat dan pembangunan bidang infrastruktur lebih maksimal.

Kepala SDN 2 Ciracas, Sumarsih mengatakan, peningkatan kesejahteraan warga menjadi hal utama jika pemekaran terjadi. Selain faktor ekonomi dan pelayanan pemerintah yang lebih epektif, bidang pendidikan harus menjadi skala prioritas. Karena, pendidikan merupakan salah satu penunjang pemerataan pembangunan wilayah di kemudian hari. Ia menambahkan, saat ini persoalan yang menghambat proses belajar mengajar tak pernah teratasi, seperti bangunan sekolah yang tidak memadai dan anggaran pendidikan yang sering terlambat turunnya.

“Termasuk banyak juga siswa yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dikarenakan faktor biaya,” kata Sumarsih kepada Media.

Dengan memiliki PAD yang paling tinggi sehingga Kabupaten Bogor, lanjut Sumarsih, dirinya optimis pendidikan di Bogor Timur, mulai tingkat SD sampai SMA bisa digratiskan. “Biaya sekolah tingkat SMA saat ini sangat mahal, terlebih sekolah swasta. Saya sangat mendukung pemekaran Bogor Timur. Sebagai penyumbang PAD terbesar, mudah – mudahan SMA di Kabupaten Bogor Timur,” harapnya. (MC/Diskominfo Kab. Bogor)(Metropolitan)