Warga Desak Percepatan Normalisasi Cibeet

Jumat, 11 Juli 11:06 Berita Kecamatan
Warga Desak Percepatan Normalisasi Cibeet

Keinginan warga tiga desa di Kecamatan Cariu untuk menyegarkan normalisasi Sungai Cibeet semakin mengemuka. Pasalnya, Bupati Bogor Rachmat Yasin usai melakukan Boling di Kecamatan Cariu mendukung proses normalisasi sesuai keinginan warga. Saat ini kondisi sungai semakin dangkal dan berpotensi terjadinya banjir di tiga desa. Ketiga desa yang menjadi sasaran banjir Sungai Cibeet Sukajadi dan Babakanraden.

“Saya dan warga tiga desa yang terkena banjir dari luapan Sungai Cibeet telah membahas permasalahan banjir yang setiap tahun mengancam. Makanya kami sepakat untuk mendesak pemerintah agar secepatnya melakukan normalisasi dengan mengeruk material yang berada di badan sungai. Saya melihat, akibat menumpuknya material mengakibatkan terjadinya pendangkalan dan itulah yang menjadi sumber utama banjir,” kata salahsatu tokoh Cariu Suryadi Rahman kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Menurut dia, terjadinya pendangkalan di hilir Sungai Cibeet pada tiga desa itu akibat adanya tumpukan material yang sudah sejajar penduduk yang bermukim di sepanjang DAS Sungai Cibeet rawan terkena banjir.

“Dengan kondisi ini warga Cariu terutama warga yang berada di tiga desa yang terkena banjir mendesak pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk segera melakukan normalisasi. Karena kalau tidak secepatnya dilakukan pengerukan maka dapat mengancam warga pada tiga desa. Soal teknis dalam pelaksanaan pengerukan kami warga tidak terlalu memahami, seperti apa pelaksanaannya dilapangan. Namun yang pasti kami ingin agar normalisasi itu segera dilakukan. Memang ada rencana pengerjaan pemasangan bronjong namun itu tidak akan maksimal jika tidak dilakukan pengerukan material yang menumpuk,” tandasnya.(MC/Diskominfo Kab.Bogor)