Wabup Bogor Tinjau Kesiapan Jalur Mudik

Kamis, 7 Agustus 10:47 Berita Terkini
Wabup Bogor Tinjau Kesiapan Jalur Mudik

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
25/7/2014
CIBINONG

Wakil Bupati (Wabup) Bogor Nurhayanti meninjau kesiapan jalur mudik dan balik, Jum’at (25/7). Wabup menegaskan pemerintah dan aparat keamanan bersama petugas gabungan siap mengamankan jalur sehingga masyarakat bisa merasa aman dan nyaman. “Alhamdulillah kita sudah mengecek kesiapan jalur, baik untuk mudik dan balik. Saya kira ini merupakan pos keamanan terpadu di bawah komando Polres Bogor. Lalu, ada petugas dari DLLAJ, Dinas Kesehatan, BPBD, PMI dan pramuka untuk mengantisipasi lalu lintas serta kejadian bencana,” ujar Nurhayanti kepada para wartawan.
 
Dalam tinjauan tersebut, ia melakukan pemantauan di 2 titik, Pos Pengamanan IX Cibinong serta Pos Pelayanan Gadog. “Insya Allah kita bisa mengatasi dari H-7 sampai H+7 nantinya,” jelas Yanti, sapaan akrabnya. Khusus untuk pasar tumpah yang acap kali muncul di kawasan Pasar Cisarua dan Pasar Ciawi, Wabup meminta agar masyarakat dan pedagang bisa lebih tertib dan tidak banyak menggunakan badan jalan karena masih ada pengguna jalan yang lain.
 
“Kalau kita bilang digusur kan tidak manusiawi. Kita beri ruang, tetapi ada pembatasan. Lagipula seperti yang tadi sudah dipaparkan oleh Polres sudah dilakukan pengaturan, misalnya di Pasar Cisarua diberikan pembatas jalan serta dilakukan kanalisasi sehingga ketika menyebrang tidak satu per satu. Namun seperti dibuatkan pool,” terangnya.
 
Ia menambahkan, persoalan kemacetan di sejumlah jalur yang digunakan para pemudik di bumi “Tegar Beriman” tidak bisa dihindari. “Ini menjadi persoalan setiap ada mudik. Karena memang kendaraan jumlahnya meningkat dan kita tidak bisa hindari itu,” ucapnya.
 
Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Sony Mulvianto menjelaskan, hingga H-2 sebelum Lebaran ini, arus lalu lintas khususnya di Pertigaan Gadog masih berjalan lancar. Diprediksi, puncak kemacetan akan terjadi pada hari-H Lebaran hingga H+2. “Biasanya setelah Shalat Ied, masyarakat langsung menuju Puncak untuk berlibur di sejumlah objek wisata. Apalagi di Taman Wisata Matahari karena memang di sana tergolong murah,” jelas Kapolres.
 
Ia melanjutkan, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, Polres menyiapkan sejumlah titik untuk tempat peristirahatan. Diantaranya, depan TWM, Cimory, Atta’awun.
“Bagi masyarakat yang ingin beristirahat, kami siapkan lokasi sehingga mereka bisa melepas lelah sejenak. Kami sarankan untuk tidak melakukan perjalanan dalam kondisi lelah karena akan sangat berbahaya,” tuturnya.
 
Sementara itu, Kabag Ops Polres Bogor Kompol Hendra Gunawan dalam paparannya di Pos Aju Gadog menjelaskan, ada 6 jalur yang biasanya digunakan pemudik saat melintas di Kabupaten Bogor.Jalur tersebut meliputi Bogor-Puncak-Cianjur (Bopuncur), Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Bogor-Cileungsi-Jonggol-Cariu, Bogor-Dramaga-Leuwiliang (Bodali), Jalur Parung serta Jalur Tengah.“Ada 20 pos pengamanan yang didirikan untuk memberikan keamanan maupun pusat informasi bagi pemudik,” jelas Hendra.
 
Masih kata dia, khusus pemantauan di Jalur Puncak, pihaknya mendirikan 5 pos pengamanan, meliputi Gadog, Megamendung, TWM, Pasar Cisarua, dan Atta’awun. “Khusus pos pemantauan rawan kecelakaan, kita dirikan sejumlah pos, mulai dari Pos Gadog, Pasir Angin hingga Tanjakan Selarong. Ada 15 personil setiap hari yang berjaga 24 jam di pos ini karena banyak kerawanan,” ungkapnya.
 
Selain Wabup dan Kapolres, hadir dalam tinjauan jalur mudik ini Letkol Inf Nugroho Imam Santoso, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cibinong Eko Bambang Riyadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Bambang Gunawan, Kepala DLLAJ Soebiantoro, Kepala BPBD Yous Sudrajat, Sekretaris PMI M Makmur Rozak, Kepala DINKES Camalia W Sumaryana, serta Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor Yasin Zainuddin. (Ruth/Ridho/Andi/Diskominfo Kab Bogor)