Wabup Bogor Pimpin Upacara HUT Agraria Nasional Ke-54

Senin, 29 September 08:13 Berita Terkini
Wabup Bogor Pimpin Upacara HUT Agraria Nasional Ke-54

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
24/9/2014
Cibinong

Bertempat di Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor, Wakil Bupati Bogor Hj. Nurhayanti menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Agraria Nasional ke 54, yang tahun ini bertemakan “Satu yang tidak terpisah pisahkan”. Pada Rabu, (24/9). Dalam amanat nya Wakil Bupati yang membacakan sambutan Kepala BPPN RI, Hendrawan Subandi mengatakan UU Pokok Agraria lahir dilandasi dengan semangat perjuangan dan semangat kemerdekaan, UU Pokok Agraria merupakan manifestasi  perlawanan terhadap nilai-nilai kolonialisme , perlawanan terhadap pengambilan tanah rakyat secara semena-mena, pengingkaran hak-hak masyarakat, hukum adat kepincangan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, serta diskrimanasi terhadap rakyat Indonesia.

"UUPA di landasi nilai-nilai luhur rakyat indonesia,gotong royong daan semangaat persatuan serta kehendak untuk mewujudkaan bumi,air. Dan kekayaaan alam yang terkandung dii dalam bumi Indonesiia diperuntukkan bagi kesejahteraan dan kemakmurn seluruh rakyat indonesia."Ujarnya  Nurhayanti juga menambahkaan bahwa BPN RI terus berbenah diri melalui inovasi-inovasi dalam pelayanan satu hari yang telah dilaksnankaan di semua kantor pertanahan, karena dari 85,8 juta bidang tanah,yang belum terdaftar kurang lebih 41,2 juta bidang tanah,dengan pendaftaraan kurang lebih 2 jutaa bidang tanah per tahun di perkiraakan akan selesai 20 tahun."Kedepan BPN akan terus meningkatkan pelaayanan kepada masyarakat untuk memaksimalkan pelayanan pertanahan dengan one day service,weekend service,evening service,lantum maupun layang mas serta intan."Tambahnya.

Terakhir,Wabup berharap kerjasama antara Pemkab Bogor dengan Kantor Pertanahan di harapkan semakin meningkat,seiring dengan banyak-banuak tugas yang haarus diselesaikan di bidang pertanahan, sepperti konflik pertanahan,penanganan tanah-tanaah negaraa bekas hak, tanah-tanah aset pemkab yang bellum disertipiikasi,tanah-tanah perkebunanaan hgu yang di uruss baik oleh pemegang hak nya,terhambatnya. Pembebasan tanah melaluii p2t persetipikatan tanah pasus fasum dan psu perumahan serta okupassi atau penguasan fisik negara oleh masyyarakat secar ilegaal." Dengan kerjasama antara pemkab bogor dan bpn akan mampu mempertegass batasan pemanfataan tanaah demmi terwuudnya ruang yang amaan,nyaman,produktif dan berkelanjutaan sserta mendorong terciptanyya harmonisaasi daan integraasi pembangunan daerah yang memperhaatikan aspek-aspek catur tertib pertanahan."Harapnya.

Di akhir upacara wakil Bupati juga berkesempat menyerahkan tanda kehormatan Satyalancana Karyasatya tahun 2014 pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor kepada 19 Orang serta penyerahahan sertifikat tanah sejumalah 3500 bidang, yang meliputi Prona 2600 Bidang, UKM 150 Bidang, Pertanian, 100 Bidang, Perikanan 50 Bidang, Redis LR 600 Bidang. (Andi/ Diskominfo Kabupaten Bogor)