Update terbaru Posko Utama Penanganan Bencana Alam Kabupaten Bogor

Selasa, 14 Januari 18:55 Berita Terkini
Update terbaru Posko Utama Penanganan Bencana Alam Kabupaten Bogor
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Selasa, 14 Januari 2020 

CIBINONG- Pasca Bencana Alam Longsor dan Banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, pada awal Januari 2020 kemarin. Penanganan Korban bencana alam terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor. Mulai dari evakuasi para korban bencana, relokasi para korban bencana, pendistribusian bantuan logistik lewat jalur darat dan udara, hingga pencarian korban bencana yang hilang. 

Berikut update informasi penanggulangan Bencana Alam Longsor dan Banjir di Kabupaten Bogor.
1. Untuk jumlah pengungsi terus berkurang sebanyak 1618 jiwa, dari jumlah pengungsi sebanyak 20844 jiwa, kini berkurang menjadi 19246 jiwa yang tersebar di tiga Kecamatan (data per 14 Januari 2020) 
a.Kec Cigudeg     1212
b.Kec Sukajaya    12724
c.Kec Nanggung 5310

2. Untuk pendistribusian logistik terus dilakukan melalui jalur udara menggunakan Helly BNPB Surty. Penyaluran bantuan dilakukan sebanyak 4 kali terutama ke lokasi bencana yang masih terisolir, yakni :
1. Kp Ciparengpeng Desa Cileuksa pada pukul 10.43 WIB ,
2. Surty yg kedua sampai Cileuksa  pukul  11.57 WIB.
3. Surty yg ketiga ke Desa Cisarua sampai pukul 15.48 WIB
4. Surty ke 4 di kp Cibarani ds Pasir Madang sampai pukul 16.51 WIB

3. 19 titik Jalan Desa Cileuksa terisolir karena tertutup longsor, kini sudah terbuka dan bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat.
Namun jalan dari kantor desa Cileuksa ke kampung kampung sekitar masih desa Cileuksa masih di kerjakan secara hotong royong jembatan yg rusak di perbaiki dengan kayu .

4. Desa Cisarua dari Posmil menuju desa Cisarua sudah dapat dilewati roda 4 dan 2 namun apabila cuaca hujan perlu hati hati.
Untuk desa Cisarua menuju Kampung Sarungge masih blm bisadi lewati roda 4 karena banyak tanah yg harus di bersihkan, sementara untuk roda 2 sudah bisa apabila cuaca hujan harus hati hati.

5. Untuk Pendistribusian 2 torn penampungan air ke dua Desa yaitu desa Pasir madang dan Ds Cisarua.Untuk Desa Pasir madang sudah sampai lokasi, sementara untuk Desa Cisarua masih terkendala. Karena di depan SMP karena terkendala selip mobil dan sudah sampai desa Cisarua 

6. Barang barang yg sangat di butuhkan pengungsi adalah :
a.Penanganan kesehatan (Obat obatan) Dinkes Kab dan Denkesyah TNI.
b.Barang Natural sembako seperti Beras,Supermi,air mineralinyak goreng,susu bayi dan lain lain
c.Penerangan seperti Genset,BBM.
d.Tenda,Terpal,Matras,Selimut.

7.Evakuasi korban meninggal dunia.
a. Laporan dari Posko Sukajaya bahwa pada pukul 12.00 WIB bertempat di kp Roke rt 02/02 Desa Neglasari kec Jasinga telah di ketemukan sesosok mayat korban banjir.
b. Korban an Muhammad Hilman bin Sukandi umur 15  tahun jenis kelamin laki laki alamat  kampung nanggung 03/06 ds Bangun jaya kec Cigudeg Kab Bogor.
c. Mayat sudah di evakuasi dan di bawa ke rumah duka kampung Nanggung ds rt 03/06 ds Bangunjaya kec Cigudeg kab Bogor. (Dewi/TIM Update Posko Bencana BPBD Kabupaten Bogor)