SMPN 1 PARUNG GELAR PROGRAM HARI PEMBIASAAN

Senin, 29 Juli 08:31 Seputar OPD
SMPN 1 PARUNG GELAR PROGRAM HARI PEMBIASAAN

Sebagai pola penguatan literasi bagi semua murid di sekolahnya. SMPN 1 Parung mengadakan program hari pembiasaan karakter dan budaya.

Wakasek Kesiswaan SMPN 1 Parung, Sariyah menjelaskan, program ini merupakan tindak lanjut dari pengimpelentasian dari budaya membaca, menulis, dan budaya bagi para murid.

“Kegiatan akan terbagi menjadi tiga karakter pembiasaan yang diantaranya, literasi, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan keagamaan. Dimana pelaksanaannya dilakukan setiap pekan secara bergantian,” jelasnya, Senin (29/7).

Dikatakannya, untuk pekan ini hari pembiasaan akan merujuk kepada penguatan literasi murid. Dimana sebelum pembelajaran dimulai para murid, diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan membaca bersama.

“Bahan bacaan bisa berupa novel, biografi, sejarah, bahkan buku akademis. Nantinya setelah membaca satu materi, murid akan membuat rangkuman sinopsis, selanjutnya akan dimasukan ke kolom literasi di setiap ruang kelasnya,” tutur Sariyah.

Kepala SMPN 1 Parung, Iip Aripin mengemukakan, untuk hari pembiasaan lainnya seperti PHBS, pihaknya akan mengadakan penyuluhan, hingga praktik pengolahan kesehatan di lingkungan sekolah.

“Program ini sejalan dengan Pancakarsa Bupati yakni, Bogor Cerdas dan Berkeadaban. Dengan harapan para murid memiliki kompetensi serta karakter,” katanya.

Sementara, Ketua Koordinator Pendidikan Kacamatan Parung, Siti Latifah menambahkan, pihaknya sangat mendukung adanya penerapan program tersebut di sekolah.(Disdikporlap)