Siap Selenggarakan Pemilu, Pemkab Bogor Bersama KPU Luncurkan Tahapan Pemilu 2024

Rabu, 15 Juni 15:29 Berita Terkini
Siap Selenggarakan Pemilu, Pemkab Bogor Bersama KPU Luncurkan Tahapan Pemilu 2024
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Selasa, 14 Juni 2022 

CIBINONG- Sebagai langkah awal persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor hari ini luncurkan tahapan Pemilu Tahun 2024, yang berlangsung di Kantor KPU Kabupaten Bogor, Cibinong, Selasa (14/6/22). 

Peluncuran tahapan Pemilu Tahun 2024 dilakukan seiring dengan penetapan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 oleh KPU RI, yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022. 

"Tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 akan dimulai hari ini yaitu, Selasa 14 Juni 2022 dengan agenda perencanaan program dan anggaran, serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu. Terkait anggaran, tolong dibuat matriksnya dari hari ini, sebisa mungkin harus selesai awal 2023, saya minta tiap minggu ada progress dengan konsultan program," terang Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin saat menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilu Tahun 2024. 

Penetapan jadwal juga telah dilakukan seperti, untuk pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu akan dilakukan pada 29 Juli hingga 31 Desember 2022, serta penetapan partai politik peserta Pemilu pada 14 Desember 2022. Kemudian pemungutan suara Pemilu serentak untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota akan diselenggarakan pada Rabu, 14 Februari 2024. 

Sedangkan pemilihan serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, serta Bupati dan Wakil Bupati akan diselenggarakan pada Rabu, 27 November 2024. 

"Penggabungan Pilpres dan Pileg secara serentak dalam satu waktu adalah sebagai upaya efisiensi, baik dari segi waktu maupun biaya," tegas Sekda. 

Di kesempatan ini, Sekda mengajak seluruh pihak untuk menyikapi momentum tahapan Pemilu ini dengan kesiapan dari semua elemen yang terlibat, seperti penyelenggara Pemilu, peserta Pemilu, pemilih dan pemangku kepentingan lainnya. 

"Mari kita bersama-sama sukseskan Pemilu serentak 14 Februari tahun 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 27 November 2024 mendatang," tegasnya. 

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengungkapkan, bahwa hari ini secara serentak mulai dari KPU RI, KPU Provinsi serta semua KPU Kabupaten/Kota melakukan kickoff peluncuran tahapan pemilu.

"Tahapan Pemilu tahun 2024 akan dimulai hari ini, sebagai aksi nyata kesiapan kami menyambut pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, salah satunya adalah dengan penerbitan Perda Dana Cadangan, serta pembangunan gudang yang di fasilitasi Pemkab Bogor, serta pendidikan politik kepada 17 ribu pemilih pemula bekerjasama dengan Bakesbangpol Kabupaten Bogor," terang Ketua KPU. 

Selanjutnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah menyatakan bahwa tanggal 14 Juni 2022 telah ditetapkan sebagai tahapan awal Pemilu tahun 2024. Untuk langkah awal KPU dimulai dengan launching tahapan Pemilu, sementara untuk Bawaslu dari tingkat RI sampai Kabupaten/Kota dimulai dengan kegiatan apel kesiapan pengawasan tahapan Pemilu 2024. 

"Kalau dari hitungan Pemilu 2024 ini waktunya  masih 2 tahun kurang atau sekitar 20 bulan, tapi ketika sudah dilaksanakan ini akan menjadi rentetan kegiatan yang padat, dan akan terasa singkat, sehingga masing-masing pihak, terutama kami terus mempersiapkan secara kelembagaan untuk melaksanakan dan mengawal tahapan Pemilu sesuai apa yang diharapakan masyarakat Kabupaten Bogor," tukas Irvan. ( Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)