SELAYANG PANDANG RSUD LEUWILIANG

Kamis, 29 Juli 10:12 Seputar OPD
SELAYANG PANDANG RSUD LEUWILIANG

Rumah   Sakit   Umum   Daerah (RSUD) Leuwiliang adalah salah satu SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor yang merupakan unsur penunjang penyelenggaraan pemerintah daerah dibidang Pelayanan Kesehatan khususnya untuk wilayah Bogor Barat.

 

Awal berdiri Rumah Sakit Umum Daerah Leuwiliang ini adalah dimulai pada tahun 2001, terdiri dari tiga gedung dua lantai. Mulai difungsikan pemanfaatannya pada tahun 2003 meliputi pelayanan rawat jalan saja, sedangkan pelayanan rawat inap   mulai   ada tahun 2006 dengan jumlah tempat tidur pasien perawatan sebanyak 32 buah tempat tidur. Perkembangan selanjutnya Selain pembangunan fisik gedung juga dilengkapi dengan perlengkapan medis dan sarana pendukung lainnya serta sumber daya manusianya, meliputi penempatan dokter spesialis, penambahan tenaga medis dan paramedis serta tenaga-tenaga pendukungnya.  Maka menjadi Rumah Sakit  tipe  C Pada tanggal 29 Juni 2012 dengan predikat Lulus Tingkat Dasar. Akreditasi ini berlaku semenjak tanggal 29 Juni 2012 sampai dengan 29 Juni 2015.

 

Kemudian Saat ini RSUD Leuwiliang telah mendapatkan status sebagai rumah sakit Badan layanan umum daerah (BLUD) dengan diterbitkannya SK Bupati Nomor. 900/169/Kpts/Per-UU/2014 pada tanggal 23 Februari 2014. Pada tanggal 27 Oktober 2017 dengan nomor KARS SERT/864/X/2017, RSUD Leuwiliang mendapatkan Prestasi Lulus Paripurna versi 2012 dengan masa berlaku dari tanggal 12 Juni 2017 dan mendapatkan sertifikat Rumah Sakit tipe B pada tanggal 25 juni 2018. Di penghujung tahun 2019 RSUD Leuwiliang sudah melaksanakan survey simulasi Akreditasi untuk versi SNARS 1.1 dan tertunda untuk pelaksanaan suvey penilaian dengan adanya pandemi Covid-19.

 

Struktur Organisasi RSUD Leuwiliang dengan status kelas B saat ini memiliki seorang   Direktur yang bernama: drg.  Hesti lswandari, M.Kes.




Dalam menyelenggarakan tugas pokok. Direktur mempunyai fungsi:

1.   Menetapkan Kebijaksanaan Perencanaan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan pelayanan dan pengembangan rumah sakit.

2.   Pengawalan tugas-tugas seluruh pejabat struktural dan fungsional

3.   Pengkoordinasian pelaksanaan tugas dan fungsi unsur organisasi Rumah Sakit.

4.   Pelaksanaan pembinaan, pengawasan pengendalian pelaksanaan tugas dan fungsi  unsur organisasi  Rumah Sakit.

5.   Penetapan program pengendalian standar mutu pelayanan.

6.   Perumusan bersama visi, misi dan strategi rumah sakit

7.   Penetapan pengelolaan Pendidikan dan penelitian di rumah sakit.

 

Direktur: drg. Hesti lswandari, M.Kes, membawahi beberapa pejabat yang melaksanakan pengendalian Administrasi dan Pelayanan sebagai  berikut:

 

A.   Wakil Direktur Administrasi:

Inlaurizen, B.E, SKM, MM




Mempunyai tugas membantu Direktur dalam melaksanakan pengelolaan ketatausahaan dan keuangan.

1.    Bagian Tata Usaha

Bagian tata usaha berfungsi sebagai pengelolaan administrasi umum, dan pengelolaan administrasi kepegawaian dan pengelolaan administrasi Rekam Medis.

2.    Bagian Keuangan

Fungsi dari bagian keuangan sebagai penyusun dan pengelolaan anggaran, pengelolaan verifikasi dan pelaporan serta pengelolaan perbendaharaan.

 

B.   Wakil Direktur Pelayanan:

dr. Agus Fauzi,M.Kes