Sekda Ajak Setiap Satu Orang Tanam Empat Pohon

Jumat, 14 November 12:34 Berita Terkini
Sekda Ajak Setiap Satu Orang Tanam Empat Pohon

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
13 November 2014
Sukaraja

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar menyampaikan bahwa pentingnya menanam pohon, satu orang sebanyak empat pohon. Hal itu ia sampaikan saat mencanangkan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTP) tingkat Kabupaten Bogor di Kampung Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kamis (13/11). “Dengan gerakan bersama ini kita dapat merehabilitasi seluruh hutan rusak yang ada di Kabupaten Bogor serta mengembalikan fungsinya sebagai mestinya, untuk itu satu orang empat pohon dapat mewujudkannya”, tandasnya.

Dikatakannya, gerakan penanaman pohon pada dasarnya adalah program sepanjang hayat dan batasan satu milyar pohon tidak membatasi kita semua untuk terus menanam pohon dalam rangka meningkatkan produktivitas alam agar memproduksi zat vital dalam kehidupan kita. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bogor mempunyai komitmen untuk merehabilitasi hutan yang terdegradasi serta melindungi masyarakat dari kemungkinan terjadinya bencana alam. “Kita berupaya melaksanakan berbagai kegiatan penanaman pohon seperti rehabilitasi hutan dan lahan, kebun bibit rakyat, reklamasi hutan bekas tambang, hutan rakyat, hutan kota, penghijauan lingkungan dan berbagai kegiatan lainnya”, kata Adang Suptandar.

Untuk itu, lanjut Adang Suptandar, Pemkab Bogor mengucapkan terima kasih kepada rimbawan dan berbagai elemen masyarakat yang telah turut menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon, baik secara pribadi maupun atas nama lembaga sehingga lambat laun kegiatan menanam pohon menjadi kebiasan yang membudaya ditengah masyarakat. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut melestarikan hutan dan dapat menjadi contoh bagi kalangan lainnya untuk turut serta”, ujarnya.

Tek hanya itu, Adang Suptandar mengungkapkan bahwa dengan tema “Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan” semua pihak agar dapat bahu membahu menjaga lingkungan sekitar dengan baik. “Tema ini memberikan tantangan pada kita untuk memperjuangkan kelestarian lingkungan dan membangun konservasi mandiri sebagai pengejawantahan tanggung jawab sosial dalam menyeimbangkan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan”, ungkapnya.

Selanjutnya, Sekda Kabupaten Bogor ini berharap tidak ada lahan yang terlantar dan setiap kawasan dilindungi oleh teduhnya pepohonan dan bencana alam dapat dihindari sejak dini. “Dengan menanam sebanyak mungkin pohon kita berpeluang mengantisipasi perubahan iklim global dan mencegah bencana terjadi”, harapnya.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pemukulan kentongan oleh Sekda, kemudian pada kesempatan itu juga Sekda beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Muspida  melakukan kegiatan penanaman pohon. (Arif/Diskominfo kab bogor)