Sambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, Bupati Bogor bersama Forkopimda Lakukan Istighasah dan Takbir Secara Virtual

Senin, 19 Juli 10:23 Berita Terkini
Sambut Hari Raya Idul Adha 1442 H, Bupati Bogor bersama Forkopimda Lakukan Istighasah  dan Takbir Secara Virtual
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Senin, 19 Juli 2021

CIBINONG- Bupati Bogor, Ade Yasin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, lakukan kegiatan Istighosah dan Takbir Idul Adha dengan tema "Dzikir dan Doa Keselamatan Negeri dari Pandemi, secara virtual, Senin (19/7). Itu dilakukan sebagai dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha dan salah satu ikhtiar dalam berjuang melawan Covid-19 di Kabupaten Bogor.

Untuk diketahui, turut hadir juga secara virtual Camat se-Kabupaten Bogor, Kepala Desa dan pimpinan majelis taklim, tokoh agama dan masyarakat.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, Istighasah dan Takbir Idul Adha 1442 H dilakukan secara virtual karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dirinya berharap tidak mengurangi kehusuan doa dan rasa cintanya kepada Allah SWT dan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. 

"Berbagai ikhtiar sudah kita lakukan dalam perjuangan melawan pandemi Covid-19 ini, maka melalui istighasah di malam ini kita lakukan ikhtiar batin, kita mengetuk pintu langit, berdoa, dan memohon kepada Allah SWT agar diberikan kekuatan dan kemudahan untuk mengatasi pandemi ini, dan agar pandemi ini segera berakhir," ungkapnya.

Menurutnya kegiatan ini juga dilakukan sekaligus untuk mendoakan khususnya kepada mereka yang telah gugur atau meninggal karena berjuang melawan Covid-19 atau berjuang melayani pasien Covid-19, berjuang di lapangan, para Nakes, ASN, masyarakat, keluarga, kerabat dan sahabat semoga diterima amal ibadahnya di sisi Allah SWT. "Mereka yang sakit agar segera sembuh dan yang sehat agar senantiasa dalam lindungan Allah SWT," tambahnya.

Ade Yasin juga menyatakan, berkaitan dengan pelaksanaan Perayaan Idul Adha 1442 H sudah diatur melalui surat edaran bersama Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Bogor tentang pelaksanaan ibadah Shalat Idul Adha, takbiran, dan penyelenggaraan Qurban tahun 1442 H. Pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kabupaten Bogor yang mengatur antara lain agar umat islam melaksanakan sholat Idul Adha di rumah masing-masing secara berjamaah bersama keluarga inti, tidak melakukan takbir keliling dan arak-arakan. Penyembelihan hewan Qurban berlangsung dalam waktu 4 hari yakni pada tanggal 10, 11, 12 dan 13 untuk menghindari kerumunan di lokasi penyembelihan hewan Qurban.

"Seluruh aktivitas pelaksanaan Qurban maupun distribusinya ke rumah warga hanya dihadiri dan dilakukan oleh panitia untuk menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Acuan kebijakan pemerintah adalah kemaslahatan rakyat, untuk itu umat islam di Kabupaten Bogor wajib mendukung dan berpartisipasi mensukseskan kebijakan PPKM Darurat demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19," tegasnya.

Untuk itu, Ade Yasin juga meminta agar Para Ulama, Kyai, Ustadz/Ustadzah, dan Umat Islam di Kabupaten Bogor hendaknya menjadikan surat edaran tersebut sebagai pedoman dan senantiasa pro-aktif berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di setiap tingkatan wilayah mengingat PPKM Mikro hingga ditingkat RT/RW. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)