Salurkan Bantuan dan Hadirkan Pendongeng, Cara TP-PKK Kabupaten Bogor Pulihkan Trauma Anak Akibat Bencana

Jumat, 15 Juli 19:21 Berita Terkini
Salurkan Bantuan dan Hadirkan Pendongeng, Cara TP-PKK Kabupaten Bogor Pulihkan Trauma Anak Akibat Bencana
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
KAMIS, 14 Juli 2022 

LEUWILIANG-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bogor, salurkan bantuan berupa beras 1 ton, makanan siap saji dan snack ringan serta layanan bantuan trauma healing kepada masyarakat terdampak bencana alam tanah longsor dan banjir bandang di Kp. Tanjungsari RW 12, Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Kamis (14/7/22). 

Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor,  Halimatusadiyah Iwan mengatakan, penyaluran bantuan ini diberikan sebagai upaya untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana. 

"Tadi kami berikan bantuan berupa 1 ton beras untuk memenuhi kebutuhan pangan di dapur umum PKK Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang. Mudah-mudahan bantuan yang kami berikan bisa bermanfaat dan membantu saudara kita yang terkena musibah bencana alam," tutur Halimatusadiyah. 

Lebih lanjut Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor menjelaskan, dalam kesempatan ini dirinya juga memberikan layanan trauma healing kepada 200 anak-anak terdampak bencana alam, dengan menghadirkan pendongeng untuk menghibur dan memulihkan luka atau ketakutan terhadap kejadian bencana alam yang mereka alami. 

"Trauma healing ini sangat penting, untuk membantu menyembuhkan trauma mereka karena kejadian bencana alam ini. Kami hibur mereka bersama pendongeng, Alhamdulilah anak-anak senang dan terhibur mudah-mudahan dengan trauma healing ini mereka tidak merasa ketakutan lagi," jelasnya. 

Ia mengaku senang dan bersyukur bisa turun langsung ke Kp. Tanjungsari RW 12, Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor ini, sebab kampung ini merupakan salah satu kampung terisolir akibat bencana alam, dan kini akses nya sudah bisa dilintasi, sehingga TP-PKK Kabupaten Bogor bisa menyalurkan langsung bantuan ke wilayah tersebut. 

"Tadi juga kami berbincang dengan sejumlah warga di sana. Banyak yang mereka sampaikan, salah satunya kaitan infrastruktur dan langsung saya laporkan ke Plt. Bupati Bogor, agar segera ditindaklanjuti sehingga apa yang mereka harapkan bisa terwujud," imbuhnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)