Rapat Koordinasi Forum Anak Kabupaten Bogor

Kamis, 14 Agustus 15:39 Berita Terkini
Rapat Koordinasi Forum Anak Kabupaten Bogor

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
14/8/2014
Ciawi

Rapat koordinasi Kegiatan Pelatihan Penguatan Forum Anak Daerah Tingkat Kabupaten yg di laksanakan di hotel The green Ciawi pada hari Kamis, 14 Agustus 2014  yang  dimulai pada  pukul 09.00 s.d selesai dihadiri oleh kurang lebih 200 siswa. Selain itu acara ini juga di hadiri oleh nara sumber dari BAPPEDA kab bogor, Dinas Komunikasi dan Informasi kabupaten bogor, Dinas Kebudayan dan Pariwisata dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

Sambutan Kabid Kesejahteraan dan Perlindungan Anak Dra. Yanti Gunayanti, MM menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah  meningkatkan silaturahmi antar pemerintah dan anak-anak serta anak-anak di seluruh kabupaten Bogor. Hal ini di jadikan dasar sesama, mengingat  maraknya  kejadian-kejadian yang memprihatinkan yg berpengaruh kepada kehidupan anak-anak. Seperti kita liat saat ini ada di  televisi dan koran,  korban kekerasan yg terjadi kepada anak-anak  yang meliputi kekerasan fisik maupun siologis, seksual, perdagangan anak dan lain sebagainya. Tentu hal ini menimbulkan keresahan bagi orang tua. Hal itu menjadikan bahwa tanggung jawab kita bersama.

Pengaruh perkembangan teknologi dan informasi dalam kehidupan anak dan remaja, agar dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan seni dan budaya. Dimana peran pemuda dalam mengisi pembangunan peran remaja dalam mencegah kekerasan, dan  Jumlah penduduk anak di kab. Bogor itu 43,8 % sedangkan jumlah penduduk kab bogor sendiri 5,2 jt jiwa berarti hampir setengah nya itu penduduk Kab. Bogor  usia anak.

Berdasarkan undang-undang No.  23  tahun 2003 tentang perlindungan anak  yang berusia antar 0 sampai 18 tahun ke bawah. Yg berkewajiban melaksanakan pembangun perlindungan anak itu kita bersama unsur pemerintah dan masyarakat. Karena itu anak-anak di hadirkan pada kesempatan ini ya itu ada 2 sesi, pada pagi hari kegiatan disi dengan pengisiin materi atau workshop yang akan memberikan informasi yang baik, meningkatkan kapasitas sebagai  anak-anak  yg potensial yg bisa ikut mengembangkan bangsa ini menjadi bangsa yg maju, yang akan tumbuh menjadi anak-anak yg optimal dan berpendidikan ungkapnya.

Selanjutnya Kepala Seksi Pengelolaan Situs Web Pemerintah Daerah Dinas Komunikasi dan Informasi menjelaskan tentang Pentingnya Teknologi Informasi bagi anak-anak. Dimana perkembangan teknologi informasi saat ini semakin pesat sehingga membawa dampak positif dan negatif terhadap anak-anak. Peran serta orang tua, pemerintah dan masyarakat sangat berperan penting dalam pengawasan penggunaan Teknologi Informasi saat ini.

Dan disampaikan juga oleh Kepala Kesenian Ibu Heni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tentang pentingnya budaya daerah bagi anak-anak agar tidak dilupakan dan tetap melestarikan kebudayaan daerah sendiri. Dalam kegiatan ini Dia mengajak bersama-sama mengikuti tarian Seribu Orang didepan Wakil Bupati Bogor.