Rapat Apresiasi Minapolitan Di Sekretariat UPP Kabupaten Bogor

Selasa, 3 Juni 09:20 Seputar OPD
Rapat Apresiasi Minapolitan Di Sekretariat UPP Kabupaten Bogor
Rapat apresiasi minapolitan diadakan di Sekretariat UPP Kabupaten Bogor, Jl. H. USA No.86 RT.01/03 Desa Ciseeng Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor pada Kamis (21/11). Rapat dibuka oleh Koordinator Perikanan Kabupaten Bogor, Ir. Herlina sekaligus mengisi materi pertama dengan tema  “Pentingnya Kelembagaan Perikanan di Kabupaten Bogor” yang meliputi kelembagaan UPP induk, UPP kecamatan, P2MKP, Posyanluhkan dengan dituntut peran aktif PPS dan penyuluh PNS di Kabupaten Bogor.
Materi yang dipaparkan dalam bentuk penggalian dari diskusi bersama untuk kemudian di evaluasi secara bergantian antar UPP yang meliputi beberapa Kecamatan di Kabupaten Bogor, diantaranya Kecamatan Dramaga, Caringin, Ciseeng, Parung, Kemang, Gunung Sindur, Rancabungur, Tajur Halang, Cibinong, Cijeruk, Pamijahan dan Cibungbulang. Evaluasi kelembagaan UPP meliputi beberapa aspek.
1.    Kelembagaan UPP
·      Program dari pengembangan minapolitan/perikanan di Kabupaten Bogor
·      Pengaruh dari lembaga perikanan di sekitar lokasi pembudidaya
·      Program kerja dan atau AD ART organisasi UPP Kecamatan dan Kabupaten
·      Kepemilikan SK pengukuhan dan SK lainnya
·      Pemanfaatan buku organisasi dan teknis kelengkapan
2.    Koperasi
·      Pentingnya peran koperasi perikanan dalam menjalankan fungsinya atas tersedianya sarana produksi perikanan untuk menunjang pengembangan usaha pembudidaya atau permodalan
·      Perlunya pembinaan dan pembimbingan pentingnya pemantapan koperasi perikanan untuk menunjang pengembangan kawasan minapolitan
3.    P2MKP
·       Fungsi P2MKP di wilayah
·       Kepemilikan SK Pengukuhan
·       Kegiatan pelatihan yang dijalankan P2MKP
·       Data fasilitator/narasumber
·       Sarana Prasana yang terdapat di P2MKP
·       Bantuan pelatihan dari pusat
·       Permasalahan yang ada
4.    Posyanluhkan
·      Pengelolaan organisasi posyanluhkan
·      Relevansi pentingnya pembangunan kembali posyanluhkan di Kecamatan
·      Fungsi pengelolaan posyanluhkan
·      Permasalahan yang dihadapi
5.    PPS
·      Kehadiran PPS pada pertemuan 2 mingguan
·      Peran PPS dalam pembinaan kelompok
·      Permasalahan yang dihadapi PPS dalam pembinaan kelompok
·      Mitra kerja dengan penyuluh PNS
·      Penambahan PPS/rekrutmen tahun 2014
·      Profil PPS contoh
·      Teknologi penyuluhan dalam pembinaan
·      Penguasaan materi penyuluhan
Lebih lanjut, permasalahan yang tergali dari hasil evaluasi dan diskusi bersama ialah
Ø  Belum optimalnya fungsi dan peran UPP dalam pembinaan pembudidaya ikan berkaitan dengan kurangnya frekuensi kunjungan dari penyuluh perikanan
Ø  Kurangnya pengetahuan PPS dalam aspek sosial dan ekonomi perikanan
Ø  Belum adanya percontohan yang nyata di wilayah UPP perihal inovasi teknologi yang menjadi tren saat ini
Ø  Kurangnya sarana dan prasarana UPP dalam menunjang penguatan fungsi kelembagaan UPP di kecamatan
 
Sementara itu Ook Suherman selaku salah satu pengurus UPP Mina Kahuripan sekaligus Ketua Koperasi KSU Mina Kahuripan menyampaikan tentang pentingnya koperasi perikanan terwujud di kawasan minapolitan ini.
“Walaupun dari perangkat administrasi seperti badan hukum serta kepengurusan telah rapi tertata namun kefungsian dari lembaga koperasi yang baru terbentuk ini belum optimal, karena itu diperlukan perhatian serta dukungan pemerintah, dalam hal ini OPD terkait seperti Dinas Perindagkop, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP5K) serta Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, namun keberadaan lembaga ini dapat menjadi motivasi sehingga kawasan minapolitan, khususnya sarana produksi perikanan yang selama ini menjadi masalah di lapangan terutama tingginya harga pakan, dapat dipenuhi oleh koperasi perikanan”
Dalam kesempatan itu, Bapak ook Suherman menyampaikan pula tentang metodologi penyuluhan salah satunya adalah pelaksanaan lomba UPP.
“Dari data kuantitatif UPP yang ada di Kabupaten Bogor (15 buah), pada tahun 2014 diajukan untuk mengikuti lomba UPP tingkat Kabupaten” jelas Ketua Koperasi KSU Mina Kahuripan tersebut.

 

“Tujuan lomba UPP adalah selain meraih penghargaan dari kabupaten sebagai lembaga penyuluhan perikanan tingkat kecamatan, juga mendapatkan evaluasi dan penilaian tingkat provinsi sebagai lembaga yang menjalankan fungsinya dalam pemberdayaan masyarakat” tutup Bapak Ook Suherman.