Ponpes Diharap Ambil Bagian Dalam Mempersatu Bangsa

Rabu, 1 Oktober 08:56 Berita Terkini
Ponpes Diharap Ambil Bagian Dalam Mempersatu Bangsa

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
30/9/2014
CIBINONG

Keberadaan pondok pesantren (Ponpes) di tengah – tengah masyarakat tentunya dapat memberikan andil yang sangat besar dalam mewujudkan keimanan dan kesalehan masyarakat secara maksimal. Selain itu, keberadaan ponpes ini juga dapat menjadi sarana yang tepat dalam mempersatu bangsa. Hal tersebut diutarakan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Dadang Irfan saat mewakili Wakil Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, ketika membuka rapat koordinasi Forum Pondok Pesantren Kabupaten Bogor tahun 2014, di gedung Pusdai Pemkab Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (30/9).

“Tentunya insan ponpes yang punya andil dalam mewujudkan kesalehan sosial di Kabupaten Bogor, Saya juga berharap ponpes jadi bemper atau ketahanan utama dalam rangka mempersatukan masyarakat muslim dan non muslim di Kabupaten Bogor,” harap Dadang Irfan.

Atas dasar itulah, menurutnya sudah sepatutnya pemerintah daerah berperan untuk membantu keberadaan ponpes. “Kita yakin ponpes itu mandiri, tapi pemerintah juga merasa bertanggung jawab karena ponpes sudah banyak berbuat untuk bangsa dan negara. Maka, kita ingin bantu ponpes minimal bisa meringankan dalam melaksanakan aktifitas, tentunya bantuan ini dengan memegang teguh aturan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Pondok Pesantren Kabupaten Bogor, KH. Tahjudin Basri mengungkapkan rasa terima kasih Forum Pondok Pesantren Kabupaten Bogor kepada Pemkab Bogor atas bantuan yang diberikan kepada ponpes di Kabupaten Bogor selama ini. “Terima kasih banyak kepada Pemkab Bogor yang telah memberikan perhatian berupa dana stimulan bagi operasional ponpes selama ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, keberadaan ponpes di wilayah Kabupaten Bogor yang terdata sebanyak dua ribu ponpes, dengan jumlah santri sebanyak 35 ribu sangat potensial untuk mewujudkan Kabupaten bogor sebagai Kabupaten termaju di Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan Forum Pondok Pesantren dirasa bermanfaat sebagai mitra pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat.

“Keberadaan Forum Pondok Pesantren pada hakekatnya mengadakan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam memberdayakan ponpes sehingga tidak dimarjinalkan. Agar tujuan ponpes di Kabupaten Bogor bisa mencetak ulama - ulama yang cerdas secara mental spiritual, serta mewujudkan kesalehan sosial masyarakat dapat terwujud,” jelasnya. Kegiatan yang bertemakan, “Jalin Silaturahmi Perkuat Sinergi Wujudkan Pesantren Yang Unggul Dalam Imtaq dan Iptek” ini selain dihadiri unsur Pemkab Bogor juga turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bogor, Suhendra. (ARI/Diskominfo Kab. Bogor)