Plt.Bupati Iwan Setiawan Diberi Julukan “Bapak Kopi Kabupaten Bogor”

Selasa, 31 Mei 19:58 Berita Terkini
Plt.Bupati Iwan Setiawan Diberi Julukan “Bapak Kopi Kabupaten Bogor”
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Senin, 31 Mei 2022
 
SUKAMAKMUR-Para petani kopi memberi julukan “Bapak Kopi Kabupaten Bogor kepada Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan pada acara panen, pameran kopi dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian kepada Kelompok Tani Gunung Batu, di Desa Sukamulya, Sukamakmur, Selasa (31/5).
 
Hal ini dikatakan salah satu Petani Kopi, Andika, saat diwawancarai awak media pada acara tersebut. Menurut Andika, kita sepakat mengangkat Pak Iwan Setiawan sebagai Bapak Kopi Kabupaten Bogor.
 
Plt.Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, dari dahulu dirinya memang sudah concern terhadap kopi, khususnya kopi Kabupaten Bogor. Ketika saya kampanye tahun 2016, kalau terpilih saya ingin menjadi “Bapak Kopi Kabupaten Bogor".   
 
“Kalau ada tamu ke Kabupaten Bogor, saya selalu sempatkan untuk memberikan kopi, saya selalu berupaya untuk menyosialisasikan bahwa kopi Kabupaten Bogor terbaik, bahkan saya lakukan saat melaksanakan kunjungan kerja ke Rusia dalam rangka misi dagang. Ini bukti kami serius untuk mempromosikan kopi Kabupaten Bogor hingga ke mancanegara,” ungkap Iwan.
 
Iwan menambahkan, julukan ini kini melekat pada saya. Saya memang sangat menjiwai kopi sejak dulu. Intinya kita terus perhatikan produksi kopi Kabupaten Bogor dari hulu ke hilir. Kita bantu baik produksinya, pemasarannya, bahkan saya instruksikan agar jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor untuk membeli hasil produksi petani kopi Kabupaten Bogor.
 
Selanjutnya, Kepala Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Siti Nurianty menuturkan, petani kopi di Sukamakmur mengapresiasi semangat Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan.
 
“Ini kan usulan dari teman-teman petani yang memberikan julukan kepada Iwan Setiawan sebagai Bapak Kopi Kabupaten Bogor karena mereka berharap ada tokoh yang begitu gigih dan menguasai dengan berniat mengembangkan Kopi Bogor,” tutur Siti Nurianty.
 
Sebelumnya juga, Iwan Setiawan pernah digelari sebagai Bapak Kopi Kabupaten Bogor oleh sekitar 50 barista usai membuka acara Championship Brewers, Adu Ninyuh (Nyeduh) Kopi di Hotel Green Peak, Desa Kopo, Cisarua, pada pada tahun 2019.

Pada saat itu, Ketua Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Budi Sulistyo menyebutkan, karena kepedulian Iwan Setiawan terhadap perkebunan kopi, baik dari sisi ekonomis maupun objek wisata, maka layak dinobatkan menjadi Bapaknya Kopi Kabupaten Bogor.

"Bapak Iwan Setiawan punya visi yang jelas dalam mengembangkan potensi tanaman kopi. Baik dari sisi ekonomi maupun wisata, bersama panitia dan PHRI kami mendapuk Iwan Setiawan menjadi Bapak Kopi Kabupaten Bogor," ujarnya. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)