Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan Terima Penghargaan Kategori Pupuhu Pangaping Pada Perayaan HPN Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Minggu, 21 Mei 04:11 Berita Terkini
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan Terima Penghargaan Kategori Pupuhu Pangaping Pada Perayaan HPN Tingkat Jawa Barat Tahun 2023
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
SABTU, 20 Mei 2023


KARAWANG- Mewakili Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor Bayu Ramawanto didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) menerima secara langsung penghargaan yang diberikan kepada Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan. Kategori Pupuhu Pangaping dalam kegiatan malam Anugerah Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Barat tahun 2023, pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat tahun 2023, yang berlangsung di Hotel Mercure Karawang, Sabtu (20/5/23).

Dengan mengusung tema Bunga Tarum, serangkaian kegiatan turut memeriahkan puncak perayaan HPN tingkat Jawa Barat tahun 2023. Antara lain, gelar seni napak jagat tarumanagara dan bazzar UMKM. Hingga malam penganugerahan dan penghargaan kepada sejumlah tokoh dan pejabat serta ditutup dengan kegiatan city tour.

Secara virtual, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan, di hari puncak peringatan Hari Pers Nasional tingkat Jawa Barat ini selain menjadi ajang bagi insan pers untuk melangkah maju, berinovasi, menangkap peluang yang ada. Dirinya berharap jurnalisme tetap pada jati dirinya yaitu menjalankan peran memberikan informasi, mendidik, menghibur dan melakukan kontrol sosial. 

"Jadilah insan pers yang jujur bertanggung jawab dan sinergi bersama-sama memajukan pers Jawa barat, sehingga dapat berkontribusi besar dalam kemajuan Jawa Barat dan kemajuan Indonesia," tegas Ridwan Kamil.

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari menjelaskan, perlu diketahui bahwa pers saat ini dibayangi rasa was-was, karena satu persatu media mengalami padam. Sebab bisnis media kini 80% telah dikuasai oleh Google, untuk itu pers dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam berkarya dan menyajikan informasi yang berkualitas. 

"Masyarakat masih membutuhkan pers profesional, pers masih sangat dibutuhkan untuk itu pers tidak boleh mati dan harus tetap hidup. Terlebih di momentum peringatan HPN tingkat Jawa Barat yang sangat luar biasa, ini menjadi  sebuah penghormatan untuk pers Indonesia. Teruslah berkarya dan sajikan informasi yang berkualitas," jelas Atap.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat menyatakan, momentum peringatan HPN 2023 ini menjadi sarana bagi insan pers di Jawa Barat untuk terus meningkatkan kualitas dan performanya. Salah satunya melalui uji kompetensi wartawan.

"Selain uji kompetensi wartawan, kita juga ganjar dengan berbagai penghargaan bagi mereka yang berkontribusi terutama dalam meningkatkan mutu wartawan," beber Hilman. 

Selanjutnya, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah mengungkapkan, di tengah arusnya disprupsi informasi dan perkembangan teknologi informatika yang semakin pesat. Peran pers sangat penting terutama dalam menangkal berbagai hoax dan senantiasa menyampaikan informasi edukatif.

"Terlebih tahun 2024 kita akan menghadapi Pemilu 2024, tentunya kami bersama Jabar Sapu Bersih Hoax berkomitmen bersama KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dan Bawaslu untuk bersama-sama menjaga Pemilu 2024 agar tidak terganggu dengan berita berita hoax. Karena itu kami berharap teman-teman pers untuk tetap menjaga kebenaran, menjadi tempat untuk klarifikasi berbagai berita yang tidak baik," terang Ika.

Kemudian Ketua PWI Karawang, Aep Saepuloh mengatakan, puncak peringatan HPN tahun 2023 ini, merupakan kali pertama yang memadukan pertunjukan seni dan budaya. 

"Ini untuk pertama kalinya saya kira HPN dipadukan dengan pertunjukan seni dan budaya. Terimakasih kepada seluruh undangan dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, yang sudah mensupport maksimal untuk penyelenggaraan kegiatan HPN ini serta pihak-pihak yang sudah ikut serta mensukseskan acara ini," ujar Aep. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)