Plt. Bupati Bogor Hadiri Peresmian Masjid Raya Al-Jabbar

Sabtu, 31 Desember 06:34 Berita Terkini
Plt. Bupati Bogor Hadiri Peresmian Masjid Raya Al-Jabbar
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Jumat, 30 Desember 2022
 

BANDUNG-Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menghadiri peresmian Masjid Raya Al-Jabbar sekaligus mengikuti Sholat Jumat yang dilaksanakan perdana di masjid terapung tersebut. Masjid Raya Al-Jabbar diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Jumat (30/12), dan merupakan karya desain Ridwan Kamil.
 
Plt. Bupati Bogor hadir didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kabupaten Bogor. Hadir pula pada peresmian Masjid Al-Jabbar, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi, dan Sekda Prov. Jabar.
 
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, ini adalah Masjid Raya Provinsi Jawa Barat. Nama Al-Jabbar bisa jadi singkatan Jawa Barat, jadi sudah takdirnya nama masjid ini berjodoh. Jawa Barat dengan penduduk muslim terbesar se-dunia, berjumlah 48 juta jiwa, harus memiliki masjid raya seperti provinsi-provinsi lain.
 
“Kemudian di lokasi masjid ini adalah daerah banjir, maka kita bangun juga infrastruktur anti banjir yaitu danau retensi. Jadi masjid ini dibangun terapung di atas danau buatan, jadi dalam teori arsitektur kalau bangunan bertemu dengan air, maka keindahannya double dua kali,” ungkap Ridwan Kamil.  

Ia menambahkan, Masjid Al-Jabbar merupakan masjid yang ramah lingkungan, seperti kaca-kaca yang berada di plafon masjid bisa menyerap sinar matahari sehingga menjadi penerangan alami ke bangunan masjid tersebut.
 
"Masjid ini ramah lingkungan, kalau dilihat ke atas, di atas itu sebenarnya matahari sedang menyinari kita, tapi difilter oleh kaca-kaca di plafon-plafon ini sehingga siang hari tidak perlu banyak cahaya listrik yang dipergunakan," katanya. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)