Pertahankan Gelar Paripurna, RSUD Cibinong Kembali Disurvei Akreditasi STARKES RSUD Tahun 2022 Oleh Tim Kemenkes RI

Senin, 12 Desember 14:00 Berita Terkini
Pertahankan Gelar Paripurna, RSUD Cibinong Kembali Disurvei Akreditasi STARKES RSUD Tahun 2022 Oleh Tim Kemenkes RI
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Senin, 12  Desember 2022 

CIBINONG-RSUD Cibinong kembali dilakukan re-akreditasi melalui Survei Akreditasi STARKES RSUD Tahun 2022, oleh tim surveyor dari Kementerian Kesehatan RI secara daring guna memperoleh gelar paripurna, yang dilaksanakan di Gedung Gizi Lt. 2 RSUD Cibinong, Senin (12/12/22). 

Untuk diketahui, predikat paripurna telah diperoleh RSUD Cibinong pada 2016 dan 2019 lalu. Namun kegiatan akreditasi di RSUD Cibinong sempat terhenti akibat pandemi diiringi kebijakan Kemenkes untuk fokus dalam penanganan Covid-19. Baru dilanjutkan kembali melakukan re-akreditasi di tahun 2022 ini. 

RSUD Cibinong adalah salah satu rumah sakit kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor yang fasilitasnya cukup lengkap, berdiri tahun 1984 dan tahun 2014 ditetapkan sebagai rujukan rumah sakit regional Jawa Barat, sehingga sudah semestinya memiliki pelayanan unggulan dengan fasilitas yang memadai dan sumber daya manusia yang profesional. 

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyatakan, 
akreditasi rumah sakit tentunya sangat penting bagi semua untuk membangun budaya mutu dan keselamatan karena sasaran ke kegiatan pelayanan rumah sakit adalah jiwa manusia. 

Katanya, akreditasi juga menjadi nilai tambah dan kebanggaan yang artinya ada pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit yang dinyatakan telah memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh pemerintah sehingga akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap profesionalisme, keandalan dan kualitas layanan institusi rumah sakit. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, saya ucapkan selamat datang Bapak/Ibu sekalian Tim Survei Komisi Akreditasi Rumah Sakit di RSUD Cibinong Kabupaten Bogor, walaupun hari ini melalui zoom meeting tapi secara esensi mudah-mudahan kegiatan ini tidak mengurangi substansi," terang Iwan Setiawan. 

Kemudian, Iwan Setiawan menerangkan bahwa
Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya meningkatkan dan mendekatkan layanan fasilitas kesehatan kepada masyarakat, baik melalui peningkatan status RSUD, penambahan pembangunan sarana dan prasarana dan membangun RSUD baru untuk mencapai Karsa Bogor Sehat dan menjawab tantangan kebutuhan pelayanan kesehatan yang terus meningkat. 

"Untuk itu saya minta kepada direktur dan seluruh jajaran RSUD Cibinong, agar terus berinovasi dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Sesuai dengan tadi lagu Mars Cibinong adalah janji-janji seluruh pegawai RSUD," tuturnya. 

Dia juga berharap penilaian akreditasi RSUD Cibinong dapat lulus paripurna sehingga menambah semangat jajaran untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)