Perdana, Forkopimda dan Pemkab Bogor Akan Gelar Bogor International Carnaval

Rabu, 15 Juni 14:13 Berita Terkini
Perdana, Forkopimda dan Pemkab Bogor Akan Gelar Bogor International Carnaval Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Rabu, 15 Juni 2022

CIBINONG-Untuk pertama kalinya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana akan melakukan kegiatan bertarap internasional yakni Bogor International Carnaval (BIC) pada 24-26 Juni 2022 mendatang, yang berpusat di Stadion Pakansari Cibinong, sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-540.

Dandim 0621 sekaligus sebagai penggagas kegiatan BIC, Letkol. Kav. Gan Gan Rusgandara menjelaskan, Bogor International Carnaval (BIC) digagas untuk jadi salah satu acara dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor ke-540 dan menjadi acara pertama kali yang akan di laksanakan di Kabupaten Bogor.

“Ini mungkin jadi acara perdana di Kabupaten Bogor, sekaligus jadi rangkaian kegiatan HJB ke-540," ungkap Dandim 0621.

Beberapa agenda rangkaian kegiatan yang akan di gelar pada pelaksanaan BIC tahun 2022 yakni, TMT International Carnaval yang terdiri dari flat track race, scrambler, kemping, bintang internasional, talkshow. Lalu Bakti Kadin yang dikemas dengan kegiatan expo dengan menghadirkan 540 UMKM, fun bike, panggung musik dan kaliber.

"Juga ada costum bike berupa pameran motor, pameran mobil kemudian ada free style motor, bakti sosial dari motor besar digabung dengan club komunitas lokal, yang akan berlangsung selama tiga hari," tambahnya.

Munurut Dandim 0621, BIC juga akan  melibatkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) terutama para PKL yang berada di sekitaran Stadion Pakansari untuk ikut serta dalam kegiatan expo Bakti Kadin bergabung dengan 540 UMKM lainnya.

"Para PKL ini akan kami ajak bergabung dengan UMKM untuk ikut expo didalam," terangnya.

Perlu diketahui bagi masyarakat yang ingin datang ke BIC tahun 2022 mendatang, bahwa tidak ada pungutan biaya tiket masuk alias gratis.

"Kami berharap BIC ini jadi acara event tahunan Kabupaten Bogor, semoga giat ini juga bisa meningkatkan pemulihan ekonomi masyarakat, serta memberikan efek positif bagi para pelaku UMKM Kabupaten Bogor dan para usaha yang ada di Pakansari," harap Dandim.

Lanjut Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara bahwa kegiatan BIC juga menjadi sarana untuk membumikan UMKM Go Internasional sebab di kegiatan tersebut akan banyak menghadirkan tamu mancanegara seperti dari Amerika dan Jepang.

"Tadinya hanya Bogor Carnaval karena ada tamu dari luar negeri sehingga ini momentum untuk menggaungkan UMKM Go International, selanjutnya kami juga rubah dari Bogor Carnaval menjadi Bogor Intenational Carnaval," tandasnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)