Penangan Daerah Rawan Pangan di Megamendung

Selasa, 3 Juni 08:44 Seputar OPD
Penangan Daerah Rawan Pangan di Megamendung

Dalam rangka penanggulangan kerawanan pangan di daerah bencana,Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BKP5K) Kabupaten Bogor, memberikan bantuan sembako kepada para korban. Penyerahan bantuan sembako dilaksanakan pada hari Jum’at  tanggal 4 April 2014bertempat di Kantor Camat Megamendung. Bantuan sembako tersebut terdiri dari;6 Ton Beras, Minyak Goreng 1.200 liter, Sarden 600 kaleng dan Susu kental manis 600 kaleng, yang dikemas dalam 600 paket sembako. Dalam setiap paket terdiri dari; Beras 10 kg, Minyak goreng 2 liter, Sarden 1 kaleng dan susu kental manis 1 kaleng.

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Bogor, Hj. Nurhayanti, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bogor, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bogor, Unsur Muspika Kecamatan Megamendung, Kepala Desa dan Perangkat Desa se-kecamatan MegaMendung, satuan Linmas Desa se-Kecamatan Megamendung, serta Masyarakat yang menerima paket bantuan, enam ratus paket sembako didistribusikan di11 desa di Kecamatan Megamendung dengan rincian sebagai berikut :

  1. Desa Megamendung     : 35 paket untuk 35 jiwa
  2. Desa Cipayung Girang  : 5 paket untuk 5 jiwa
  3. Desa Pasir Angin         : 20 Paket untuk 20 jiwa
  4. Desa Gadog               : 20 paket untuk 20 jiwa
  5. Desa Sukamahi          : 25 paket untuk 25 jiwa
  6. Desa Sukamanah        : 10 paket untuk 10 jiwa
  7. Desa Sukaresmi          : 17 paket untuk 17 jiwa
  8. Desa Sukakarya          : 15 paket untuk 15 jiwa
  9. Desa Sukagalih           : 134 paket untuk 134 jiwa
  10. Desa Kuta                 : 282 paket untuk 282 jiwa
  11. Desa Cipayung           : 37 paket untuk 37 jiwa

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kabupaten Bogor, atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, menyampaikan rasa ikut prihatin dan rasa simpati kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bogor khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Megamendung yang terkena bencana tanah longsor. Dengan harapan, semoga tidak ada lagi bencana alam yang akibatnya dapat menghambat perekonomian masyarakat. Lebih lanjut lagi Wakil Bupati Kabupaten Bogor mengatakan semoga paket bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Bogor yang diserahkan tersebut bisa sedikit membantu para korban bencana dan dapat menjadi pendorong semangat bagi kita semua untuk senantiasa berupaya membangun kembali kehidupan yang lebih maju dan lebih sejahtera.

Penanganan Daerah Rawan Pangan merupakan upaya untuk menangani suatu kondisi ketidakcukupan pangan yang dialami oleh daerah dan masyarakat atau rumah tanggapada waktu tertentu untuk memenuhi standar kebutuhan fisiologis bagi pertumbuhan dan kesehatan masyarakat.

Penanggulangan bencana merupakan salah satu bagian dari pembangunan nasional yaitu serangkaian kegiatan penanggulangan bencana sebelum,pada saat, maupun sesudah terjadinya bencana.