Pemkab Bogor Tingkatkan Kapasitas Para Camat

Selasa, 21 Juni 08:49 Berita Terkini
Pemkab Bogor Tingkatkan Kapasitas Para Camat
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Senin, 20 Juni 2022

CISARUA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berupaya meningkatkan kapasitas para Camat se-Kabupaten Bogor, sebagai pemimpin di wilayahnya masing-masing. Salah satunya dengan memberikan pelatihan peningkatan kapasitas Camat ini dilaksanakan di Hotel Jimmers Mountain Resort Jl. Raya Puncak KM 77, Leuwimalang, Cisarua, Senin (20/6). 

Kegiatan dibuka Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari beserta jajaran Pemkab Bogor lainnya.

Era disruptif menuntut kepemimpinan yang responsif, adaptif dan inovatif di semua level pemerintahan. Permasalahan dan dinamika masyarakat juga semakin kompleks sehingga tuntutan akan pelayanan yang prima juga terus meningkat. Keberhasilan Pemkab Bogor dalam melakukan percepatan pemulihan sosial ekonomi dan mencapai target pembangunan daerah, tentunya sangat tergantung pada dukungan dan peran kecamatan dalam memberikan pelayanan prima.

Menurut Iwan Setiawan, Camat yang bertugas memimpin wilayah, harus mengkoordinasikan semua urusan pemerintahan di kecamatan sekaligus memberikan pelayanan publik, membina dan memberdayakan masyarakat desa serta kelurahan.

“Camat tentunya harus terus meningkatkan kapasitas, kreativitas dan inovasi dalam memberikan pelayanan prima, melakukan pembinaan dan pengawasan desa/kelurahan dan koordinasi sektoral terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan identitas hukum,” kata Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Iwan meminta Camat harus memahami betul permasalahan dan potensi wilayahnya. Bersinergi dan berkolaborasi untuk mendorong perkembangan dan kemajuan wilayahnya.

“Saat ini Pemkab Bogor sedang melakukan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), saya minta para Camat agar aktif dalam memberikan masukan terhadap pengembangan wilayahnya masing-masing,” ungkap Iwan.

Selanjutnya, saat ini tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 yang tahapannya telah dimulai pada 14 juni 2022.

“Saya minta para Camat agar menjaga netralitas, tidak melakukan politik praktis terutama dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada ke depan,” tandas Iwan.
 
Pelatihan dilaksanakan selama lima hari kerja dan sebanyak 45 jam pelajaran, dengan tenaga pengajar dari widyaiswara Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Jawa Barat, tenaga ahli, dan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor.
 
Kepala BKPSDM kabupaten Bogor, R. Irwan Purnawan menjelaskan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pemahaman camat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya terutama dalam kondisi pasca Covid-19. Kemudian meningkatkan wawasan camat dalam menjalankan tugas sebagai PPATS, serta isu kontemporer tentang pertanahan.
 
“Diharapkan nantinya Camat mampu mendiagnosa permasalahan dengan baik, mengetahui dan mampu menerapkan kepemimpinan yang baik, serta mendorong agar selalu berinovasi dalam segi pelayanan publik,” jelas Irwan. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)