Pemkab Bogor Terima Bantuan PCR Dari ANTAM untuk Mempercepat Penanganan Covid-19

Jumat, 3 Juli 14:22 Berita Terkini
Pemkab Bogor Terima Bantuan PCR Dari ANTAM untuk Mempercepat Penanganan Covid-19
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
JUMAT, 3 Juli 2020

Cibinong- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terima bantuan satu Polymerase Chain Reaction (PCR), dari PT Aneka Tambang Tbk, di Pendopo Bupati, jumat (3/7). Hal itu dilakukan guna mendukung upaya percepatan Pemkab Bogor dalam rangka pencegahan Covid-19 di wilayah Kabupaten Bogor.

Pemberian Polymerase Chain Reaction (PCR), merupakan salah satu program Perusahaan untuk mendukung Pemerintah memutus rantai penyebaran pandemi dan sejalan dengan target Pemerintah mencapai target 20 ribu sampel Covid-19 di Indonesia. 

Direktur SDM ANTAM, Luki Setiawan Suardi menuturkan, penyerahan PCR merupakan salah satu bagian dari peran aktif Perusahaan dalam pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Juga bagian dari rangkaian HUT ke-52 ANTAM. ANTAM senantiasa berkomitmen bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam penanganan Pandemi melalui pelaksanaan program tanggung jawab sosial Perusahaan. PCR ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pemeriksaan sampel di wilayah Kabupaten Bogor.

"Melalui kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan sinergi dengan Pemkab Bogor, dan sejumlah pemangku kepentingan. Dalam melakukan penanganan pandemi, mulai dari sosialisasi kepada masyarakat, pemberian bantuan portable handwash, APD untuk tenaga medis dan bantuan bahan makanan pokok. Tercatat sampai dengan Juni 2020, ANTAM merealisasikan total Rp8,4 miliar bantuan penanganan Covid-19, paparnya.

Ditempat yang sama, Bupati Bogor Ade Yasin mengaku, sangat berterimakasih dan mengapresiasi inisiasi ANTAM melalui bantuan PCR kepada Pemkab Bogor. Dengan PCR tersebut dapat mendukung upaya Pemkab Bogor mempercepat dan mengoptimalkan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bogor.

"Melalui PCR itu tentunya dapat memperbanyak sampel untuk mengetahui sebaran Covid-19 di Kabupaten Bogor. Kami berharap ini bisa membantu mempercepat pencegahan dan penanganan covid-19, khususnya memutus rantai penyebaran Covid-19. PCR ini akanh kami simpan di RSUD Leuwiliang, untuk peningkatkan penanganan Covid-19 di wilayah Bogor Barat Kabupaten Bogor, tegas Bupati Bogor.

Direktur RSUD Leuwiliang, Hesti Iswandari berharap, dengan adanya bantuan PCR dari PT Antam bisa membantu RSUD Leuwiliang.

"Dengan PCR ini tentunya penanganan COVID-19 bisa cepat diselesaikan dan terdeteksi dengan cepat. Senin yang akan datang kita akan segera lakukan penginstallan alat PCR itu, yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan utk operator PCR ini," jelas Hesti.

Menurutnya, seperti yang ketahui bahwa pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) jika tidak dilakukan dirumah sakit butuh waktu yang cukup lama. Ia pun mengapresiasi bantuan ini karena sangat dibutuhkan dalam mempercepat pemeriksaan.

"Dengan ini, kami bisa melakukan pemeriksaan langsung, tanpa perlu merujuk ke RS lain. Sehingga kami bisa dengan cepat memberikan pelayanan kepada pasien," tutupnya. (DEWI/AZI/Diskominfo Kabupaten Bogor)