Pemkab Bogor Prioritaskan Pengendalian Bagian Hulu

Jumat, 14 November 11:50 Berita Kecamatan
Pemkab Bogor Prioritaskan Pengendalian Bagian Hulu

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
11/11/2014
Cisarua

Dalam rangka memperingati hari Ciliwung tahun 2014 yang mengusung tema selamatkan ciliwung bergerak dari hulu,Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mengendalikan bagian hulu untuk mengatasi masalah banjir di Jabodetabek,karena masalah banjir merupakan tanggung jawab bersama, maka Pemkab Bogor terus membuat biopori dan bioretensi serta akan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di daerah hulu,hal ini di katakan Wakil Bupati Bogor Hj.Nurhayanti sehabis meninjau keadaan hulu sungai ciliwung,di wilayah Perkebunan Gunung Mas,Kec.Cisarua pada selasa (11/10).

"Pemkab Bogor akaan terus membuat lubang biopori dan bioretensi di seluruh wilayah Kabupaten Bogor jadi tidak hanya di daerah hulu saja, kemudian Pemkab Bogor akanmengendalikan masalah sampah di wilayah hulu sungai ciliwung."Tegasnya

Lebih lanjut,tentang permasalahan sampah di wilayah hulu yang terdapat 43 titik gunung sampah yang lokasi nya tidak terjangkau oleh Dinas Kebersihan dan Pertanaman Kabupaten Bogor,maka, Wabup akan mengintrusikan kepada masyarakat,dunia usaha serta OPD untuk sama-sama mengulirkan kembali jumat bersih dan setiap hotel sebaiknya memiliki alat pengelolaan sampah,agar sampah tersebut tidak di buang sembarang terutama ke sungai,yang mengakibatkan ekosistem rusak. "Saya minta agar pemilik hotel memiliki alat pengelolaan sampah,sehingga sampah bisa di kendalikan dan saya akan menjalankan kembali jumat bersih (jumsih) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat."Lanjutnya.

Sementara itu, DR. Ernan Rustiadi peneliti senior pada pusat pengkajian dan pengembangan wilayah (P4W),Institut Pertanian Bogor, mengatakan konservasi hulu cai menjaadi prioritas,agar sungai ciliwung dapat meengalir terus dengan baik dan juga tidak berlebih hingga menyebabkan banyak bencana longsor di puncakk dan banjir di jabodetabek. "mari kita untuk bersama-sama berbuat baik teerhdap sungai ciliwung dan anak sungainya,karena semangat konservasi berbasis masyarakat meenjadi bagian penting normalisasi ciliwung."Himbaunya.

Pada peringatan hari ciliwung 2014 tersebut Wakil Bupati Bogor,Wakil Walikota Bogor,Usmar Hariman,Rektor IPB berkeliling perkebunan gunung mas dalam rangka meninjau keadaan di sekitar das sungai ciliwung,selepas itu,para pejabat tersebut menandatangi nota kesepakatan dan piagam pengendalian daerah hulu.(Andi/Diskominfo)