Pemkab Bogor Jadikan Peringatan HJB Ke-540 Sebagai Momentum Untuk Meningkatkan Kebersamaan dan Kekompakan Membangun Kabupaten Bogor

Jumat, 3 Juni 14:19 Berita Terkini
Pemkab Bogor Jadikan Peringatan HJB Ke-540 Sebagai Momentum Untuk Meningkatkan Kebersamaan dan Kekompakan Membangun Kabupaten Bogor
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Jumat, 3 Juni 2022

CIBINONG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-540 tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, Di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Jumat (3/6/22). Bertepatan dengan kegiatan Upacara Peringatan HJB ke-540, juga dilakukan giat pemusnahan 2.500 botol minuman keras di depan halaman Gedung Tegar Beriman, dan dilanjutkan dengan peninjauan pameran UMKM. 

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan, dengan mengusung tema “Merajut Dan Membangun Kebersamaan Untuk Kabupaten Bogor Yang Termaju Nyaman Dan Berkeadaban”, menjadi awal untuk bisa bangkit memulihkan sosial, ekonomi serta pencapaian target pembangunan daerah Kabupaten Bogor pasca pandemi Covid-19.

“HJB ini kegiatan yang sangat sakral yang kita laksanakan setiap tanggal 3 Juni, tadi di sambutan saya menyampaikan bagaimana pentingnya kebersamaan dan saya juga menyampaikan keberhasilan apa yang sudah dilaksanakan dan ke depan apa yang harus dilaksanakan. Pada prinsipnya kami memerlukan dan meminta dukungan dari seluruh stakeholder khususnya Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusivitas dan keberlanjutan pembangunan yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan ke depan,” tegas Iwan Setiawan. 

Menurutnya, Peringatan HJB ke-540 ini diharapkan jadi momentum meningkatkan optimisme, kekompakan, kebersamaan dan semangat membangun untuk bersama-sama mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju, nyaman dan berkeadaban.

“Kebersamaan dan semangat membangun dari seluruh warga Kabupaten Bogor, tentunya akan menjadi kado terbaik di Hari Ulang Tahun Bogor yang ke- 540 ini. Kita jalin kekompakan, persatuan dan kesatuan, serta bersama-sama jadi bagian dari kerja besar untuk mewujudkan visi Kabupaten Bogor yang termaju nyaman dan berkeadaban,” ungkap Plt. Bupati Bogor.

Iwan Setiawan menerangkan bahwa di tengah kondisi penuh tantangan, Pemkab Bogor tetap berupaya keras untuk membangun. Hal itu terlihat dari sejumlah infrastruktur pedesaan, hunian tetap, jalan, jembatan, dan jembatan rawayan di wilayah Kabupaten Bogor sudah terbangun. Tidak hanya itu, baik sekolah, madrasah, pondok pesantren, Rumah Tidak Layak Huni juga telah direhabilitasi, bahkan kota dan ruang terbuka hijau juga sudah mulai tertata.

Katanya, selain fokus pada pembangunan fisik, Pemkab Bogor juga fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kualitas pendidikan serta masyarakat. Salah satunya mengangkat guru honorer diangkat menjadi P3K, lalu memberikan beasiswa Pancakarsa kepada 1.000 pemuda untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.  “Serta melahirkan ratusan hafidz melalui program pembinaan tahfidz Al-qur’an, bahkan berbagai upaya itu mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak salah satunya, raihan penghargaan nasional dibidang inovasi/pendidikan keagamaan, kearsipan, lingkungan hidup, olahraga dan capaian lainnya,” terang Iwan. 

Plt. Bupati Bogor menambahkan, bahwa keberhasilan pembangunan, kemajuan dan berbagai capaian prestasi Kabupaten Bogor, merupakan hasil kerja kolosal dan kontribusi dari seluruh elemen pentahelix bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan dan warga masyarakat. 

“Terima kasih dan penghargaan setingi-tingginya kepada Forkopimda, kecamatan, TNI, Polri, instansi vertikal, desa/kelurahan, RT/RW, tokoh agama, pemuda/perempuan. Kemudian, Para ASN, profesional, pelaku bisnis, akademisi, jurnalis, organisasi masyarakat, serta seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi dalam pembangunan daerah serta menciptakan suasana yang kondusif di Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Lanjut iwan menyatakan, perjalanan historis Kabupaten Bogor sepanjang usianya yang ke-540 tahun telah mengajarkan bahwa tradisi berjuang, keyakinan pada rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan komitmen pada cita-cita kolektif untuk menjadi lebih maju dan sejahtera, itulah yang menjadikan Kabupaten Bogor tetap tegar sepanjang masa.

“Kabupaten Bogor adalah rumah kita, Baswara Kastara Loka, yang termasyur dengan keindahan dan gemerlap alamnya. Mari kita jaga dan rawat bersama, Dirgahayu Bogor Kabupatenku,” tandasnya.

Turut Hadir di peringatan HJB ke-540 yakni, Forkopimda Kabupaten Bogor, Danlanud Atang Sendjaya, Marsma TNI Suliono, S.Sos., Sekda Kabupaten Bogor Drs. Burhanudin, M.si, Danyon 14 Group 1 Kopassus, Mayor Inf Mayor Inf Miftahulkhoir, S.E, DanSubdenpom III/1 Cibinong, Kapten CPM Benson Simbolon, Ketua DMI Kab. Bogor KH. TB Irwan Kurniawan S.Kom, MM, Ketua TP PKK Kab. Bogor, Ibu Halimatusadiyah dan Para Kepala SKPD Kabupaten Bogor. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)