Pemkab Bogor Ekspose Program Kompetitif ke Pemprov Jabar

Selasa, 24 Mei 10:03 Informasi
Pemkab Bogor Ekspose Program Kompetitif ke Pemprov Jabar
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Selasa, 24 Mei 2022 

BANDUNG- Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan hadiri kegiatan Beauty Contest Penilaian Tahap II Bantuan Keuangan Kompetitif yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menentukan tiga Kabupaten/Kota se-Jabar dengan usulan terbaik, yang berlangsung di Kantor Bappeda Provinsi Jabar, Selasa (24/5/22). 

Di kegiatan  itu, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan melalukan ekspose usulan program kompetitif ke Provinsi Jabar dengan tiga tema yakni.

Pertama, Pemeriksaan Anemia serta Pengadaan Alat Ukur Antropometri. Kedua, Pemberdayaan Keluarga Miskin melalui Usaha Ternak Ayam Petelur Berbasis Komunitas, dan ketiga, Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Antar Desa dan Pembangunan Tangki Septik Individual. 

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan bahwa kegiatan yang diusulkan sebagai upaya penanganan stunting terintegrasi untuk mendukung  penanganan kemiskinan dan masalah kesejahteraan sosial, sehingga menurunkan angka stunting di Kabupaten Bogor. 


"Hari ini tiga usulan yang diajukan, diuji oleh Pemprov Jabar, untuk mengetahui sejauhmana manfaatnya untuk masyarakat. Kami juga sangat apresiasi kepada Pemprov Jabar yang sudah mengadakan acara yang luar biasa ini, kegiatan ini sangat penting untuk seluruh daerah yang ada di Jabar agar bantuan yang diberikan tepat sasaran karena telah diuji terlebih dahulu," beber Iwan Setiawan. 

Iwan Setiawan menjelaskan bahwa terkait usulan Pemberdayaan Keluarga Miskin Melalui Usaha Ternak Ayam Petelur Berbasis Komunitas, diharapkan menjadi solusi dari upaya pemberdayaan dalam pengentasan kemiskinan yang selama ini dilakukan dan diterapkan dengan pendekatan berbasis komunitas. 

Katanya, pemberdayaan dalam bentuk usaha ternak ayam petelur ini diharapkan dapat memberikan tambahan pendapatan sekaligus menyediakan kebutuhan protein pada keluarga miskin.  

Sementara untuk usulan kegiatan Pengembangan SPAM Regional Antar Desa dan Pembangunan Septik Tank Individual, dilakukan dengan pertimbangan bahwa penyediaan air minum dan sanitasi layak merupakan salah satu capaian penting dalam penanganan stunting. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)