Pemkab Bogor Dan DPRD Setujui Ruislag Tanah Oleh PT. Dua Berkat Properti

Senin, 7 Juni 08:49 Berita Terkini
Pemkab Bogor Dan DPRD Setujui Ruislag Tanah Oleh PT. Dua Berkat Properti
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Senin 7 Juni 2021

CIBINONG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor menyetujui tukar menukar tanah (ruislag) milik Pemkab Bogor, yakni sebagian tanah dan bangunan eks Aula Kelurahan Nanggewer oleh PT. Dua Berkat Properti. Persetujuan dilakukan pada Rapat Paripurna DPRD, di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Senin (7/6).

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan pada rapat paripurna tersebut mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor menguasai tanah dan bangunan Kantor Kelurahan Nanggewer Kecamatan Cibinong dengan luas tanah 4.010 m² dan bangunan 540 m². Kemudian, PT. Dua Berkat Properti memiliki ijin untuk membebaskan tanah seluas kurang lebih 20.000 m² dengan peruntukan pembangunan perumahan di lokasi tersebut berdasarkan persetujuan izin lokasi nomor 591.1/001.OSS/00057/DPMPTSP tanggal 28 April 2020.



“Pada 7 Juni 2020, PT. Dua Berkat Properti mengajukan permohonan ruislag sebagian tanah yaitu seluas 507 m² dan eks bangunan Aula Kantor Kelurahan Nanggewer seluas 133 m² dalam kondisi rusak berat untuk dijadikan akses jalan masuk perumahan. PT. Dua Berkat Properti menjamin bahwa akses jalan perumahan yang akan dibangun akan menjadi akses bersama antara warga RT. 4/5 dengan warga perumahan. Kemudian, setelah dibangun jalan akan diserahkan kepada Pemkab Bogor sebagai bagian kewajiban PSU perumahan,” kata Iwan.

PT. Dua Berkat Properti juga akan membangun gedung aula pengganti dan membangun pagar pemisah antara jalan akses dengan area kantor, sehingga apabila ditinjau dari sisi aspek teknis, ekonomis dan yuridis, ruislag ini akan memberikan manfaat baik bagi perusahaan, Pemerintah Kabupaten Bogor dan masyarakat sekitar. 

“Berdasarkan penilaian tim penilai independen, perbandingan antara barang milik daerah dengan barang pengganti yang disiapkan oleh PT. Dua Berkat Properti adalah 1 berbanding 1,2. Dengan total nilai barang milik daerah yang ditukar berupa tanah, bangunan, pagar berjumlah Rp.1,174,100,000,” terangnya.

Iwan menambahkan, sementara nilai barang pengganti yang disiapkan oleh PT. Dua Berkat Properti senilai Rp.1,431,455,000. Ketentuan Pasal 331 Permendagri 19 tahun 2016 tetang Barang Milik Daerah menyatakan, pemindahtanganan barang milik darah berupa tanah dan atau bangunan dilaksanakan oleh bupati atau walikota setelah mendapatkan persetujuan DPRD Kabupaten/Kota.

“Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pimpinan dan anggota DPRD atas persetujuan tukar menukar tersebut untuk memudahkan akses jalan perumahan bagi masyarakat serta menunjang kelancaran operasional penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Bogor,” ujar Iwan.

Iwan menuturkan, semoga sinergi antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan DPRD terjalin semakin kuat, produktif dan saling mendukung dalam upaya bersama memenuhi amanah rakyat serta terwujudnya Kabupaten Bogor termaju, nyaman, dan berkeadaban. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KAB.BOGOR)