Pemkab Bogor Bersama IPB Kerjasama Manfaatkan Lahan Tidur

Senin, 27 Oktober 08:47 Berita Kecamatan
Pemkab Bogor Bersama IPB Kerjasama Manfaatkan Lahan Tidur

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
24/10/2014
TAMANSARI

Program revitalisasi pertanian gencar dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, kali ini Pemkab Bogor bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan pemanfaatan lahan tidur di wilayah Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Lahan tidur ini dimanfaatkan dengan ditanami tanaman buah jambu kristal, tomat, cabe, kacang, jagung, dan lain sebagainya yang pengelolaannya dilakukan bersama masyarakat.

Kerjasama tersebut dilakukan dengan diadakannya pencanangan pemanfaatan lahan tidur, dalam program aksi dan kajian pemanfaatan lahan non produktif, di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jumat (24/10). Pencanangan ini dilakukan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah mewakili Wakil Bupati Bogor, Rektor IPB Herry Suhardiyanto, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iwan Setiawan. Secara simbolis, pencanangan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala BAPPEDA, didampingi Rektor IPB serta Wakil Ketua DPRD.

Menurut Kepala BAPPEDA Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah, pencanangan ini merupakan upaya Pemkab Bogor dalam melaksanakan pembangunan daerah, serta pembangunan masyarakat Kabupaten Bogor. "Pemanfaatan lahan tidur ini merupakan upaya untuk mendorong pembangunan daerah, serta meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis lingkungan," kata Syarifah. Tak hanya itu, lanjutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan pariwisata Kabupaten Bogor berbasis lingkungan. "Dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong agrowisata di Kabupaten Bogor," tambahnya. Ia pun menegaskan, Pemkab Bogor akan terus melakukan kegiatan serupa bersama berbagai pihak, guna memaksimalkan program revitalisasi pertanian. "Pencanangan tidak berhenti sampai disini, kami akan terus kembangkan," tegasnya.

Sementara itu, Rektor IPB Herry Suhardianto menjelaskan, kegiatan yang diprakarsai oleh Direktorat kajian strategis dan kebijakan pertanian IPB ini merupakan jawaban atas keprihatinan mengenai pemanfaatan sumber daya alam yang masih belum maksimal.  "Keprihatinan kami atas banyaknya lahan tidur yang belum dimanfaatkan, seharusnya lahan tidur ini dimanfaatkan dengan maksimal, dapat dicari cara untuk memanfaatkannya," jelas Herry. Herry berharap, kerjasama IPB bersama Pemkab Bogor dapat terus dilaksanakan agar pemanfaatan sumber daya alam dapat merata ke seluruh wilayah Kabupaten Bogor. "Banyak kerjasama yang dapat kita lakukan bersama, mudah - mudahan kerjasama dalam pemanfaatan lahan tidur ini dapat berlanjut ke wilayah lain," harapnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari pihak DPRD Kabupaten Bogor, Wakil Ketua DPRD Iwan Setiawan menyatakan, DPRD Kabupaten Bogor akan terus mendukung kegiatan yang dilaksanakan demi pembangunan dan kesjahteraan masyarakat seperti ini. "Kami di dewan selalu mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan lingkungan hidup bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat seperti ini," ujar Iwan.

Dalam kegiatan ini, juga diisi dengan dialog interaktif antara masyarakat bersama pihak Pemkab Bogor, IPB, dan DPRD Kabupaten Bogor mengenai permasalahan yang dihadapi dalam bidang pertanian. Usai melakukan dialog, Kepala BAPPEDA Syarifah Sofiah, Rektor IPB Herry Suhardianto, dan Wakil Ketua DPRD Iwan Setiawan melakukan penanaman tanaman buah jambu kristal, tomat, jagung, cabe, dan kacang di area lahan pencanangan. Tak hanya itu, mereka juga melakukan panen tanaman rumput gajah berjenis odot.