Pemkab Bogor Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Kamis, 2 Juni 08:20 Berita Terkini
Pemkab Bogor Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Rabu, 1 Juni 2022
 
CIBINONG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dipimpin Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual di Ruang Serbaguna I, Gedung Sekretariat Daerah, Cibinong, Rabu (1/6). Turut hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor.
 
Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia".
 
Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, hari ini, tanggal 1 Juni, kita peringati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, NTT. Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno, sang proklamator, bapak pendiri bangsa, merenungkan, merumuskan Pancasila, yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.
 
“Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Presiden Jokowi.
 
Presiden mengungkapkan, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa.
 
“Bangsa dan negara kita bisa terus berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” tegasnya.
 
Presiden Jokowi mengingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkannya. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan kita. Kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan, serta menjiwai dalam interaksi antar sesama anak bangsa.  
 
Sementara itu, saat mengikuti upacara secara virtual, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto dan jajaran Pemkab Bogor nampak kompak mengenakan pakaian adat.
 
Nampak hadir, Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin, Dandim 0621/Kab.Bogor, Letkol. Kav. Gan Gan Rusgandara, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, Agustian Sunaryo, dan perwakilan Forkopimda lainnya. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)