Pemkab Bogor Ajak Warga Jonggol Berantas Narkoba

Jumat, 24 April 09:09 Berita Kecamatan
Pemkab Bogor Ajak Warga Jonggol Berantas Narkoba

Realease Diskominfo Kabupaten Bogor
Kamis, 23/04/2015
JONGGOL

pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor tidak pernah terputus melakukan sosialisasi atau penyebaran informasi melalui tatap muka. Salah satunya sosialisasi mengenai bahaya dan dampak dari narkoba, itu dilakukan melalui kegiatan desiminasi informasi di Kecamatan Jonggol, kamis (23/04).Tujuannya yakni guna memberantas dan meminimalisir banyaknya masyarakat yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai bahaya dari narkoba
 
Camat Jonggol, Renaldi Yushab fiansyah mengatakan, informasi melalui tatap muka sangat diperlukan sehingga komunikasi bisa terarah sehingga lebih mudah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai berbagai hal yang saat ini tengah terjadi di masyarakat. Contohnya mengenai peredaran dan penyalahgunaan narkoba, bahkan saat ini korbannya sudah merambah hingga kalangan pelajar.  Dengan desiminasi informasi ini diharapkan masyarakat bisa lebih waspada terhadap penyebaran narkoba, jangan sampai generasi muda khususnya di wilayah Jonggol ini menjadi korban. Untuk itu peran orang tua harus lebih ditingktkan dalam melakukan pengawasan terhadap anak-anak.
 
“Kami sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, masyarakat para orang tua memang sangat membutuhkan ini. Sehingga kami bisa bersama-sama menjadi garda terdepan untuk memberantas permasalah sosial ini. Bahkan kami telah membuat apliukasi pengaduan melalui sms center, sehingga seluruh masyarakat dengan mudah bisa mengadukan semua keluh kesah dan permasalahan. Dan kami siap merespon tentunya untuk menciptakan daerah yang aman, nyaman, dan terbebas dari berbagai permasalahan sosial,” beber Renaldi.
 
Sementara itu, Kasi Pemberantasan Narkoba BNN Kabupaten Bogor, Ahmad Soleh Siregar menuturkan, permasalahan narkoba saat ini menjadi permasalahan dunia yang melibatkan lintas negara. Penyebarannnya semakin meningkat dan mengancam kesehatan masyarakat, masa depan generasi penerus bangsa, hingga kerugian negara. Oleh karena itu, kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat perlu ditingkatkan untuk memberantas narkoba khususnya di Kabupaten Bogor.
 
“Masyarakat dituntut untuk cerdas dalam menghadi narkoba tersebut, khususnya para orang tua untuk peka terhadap gerak garik anak, mulai dari aktifitas, pergaulan hingga sejumlah peralatan yang mereka miliki. Karena saat ini banyak modus baru dimana narkoba disulap oleh para oknum menjadi sejumlah produk makanan hingga alat tulis. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera melaporkan apabila mengetahui ada masyarakat yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba, secerapatnya akan kami tindak lanjuti,” ungkap Soleh.
 
Ditempat yang sama, warga Desa Balekembang, Dayat mengakui, ia sangat mengapresiasi dan merespon positif kegiatan desiminasi informasi mengenai penanggulangan, pencegahan, dan pemberantasan narkoba ini. Selain memberikan bagaimana cara untuk menghindarinya, berbagai informasi baru juga mereka dapatkan.
 
“Kami sangat terbantu, kami sangat butuh dengan kegiatan seperti ini. Biasanya kami hanya baca di spanduk atau poster, dengan ini kami bisa tahu informasi lebih banyak. Sehingga kami bisa berupaya memberantas peredaran narkoba ini, tentunya bekerjasama dengan BNNK dan Pemkab Bogor,” tandasnya. (Dewi/Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)