Pemkab Bogor Ajak Masyarakat Maknai Peringatan Hari Ibu Ke-94, Dengan Aktif Dukung Pembangunan Daerah

Jumat, 23 Desember 09:36 Berita Terkini
Pemkab Bogor Ajak Masyarakat Maknai Peringatan Hari Ibu Ke-94, Dengan Aktif Dukung Pembangunan Daerah
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Kamis, 22 Desember 2022

CIBINONG-Melalui momentum Peringatan Hari Ibu Ke-94 Tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022, Pemkab Bogor gaungkan pentingnya menanamkan semangat perjuangan kaum perempuan untuk mendorong kemajuan bangsa dan daerah, serta senantiasa berperan aktif dalam pembangunan, yang digelar di Gedung Tegar Beriman, Kamis (22/12/22).

Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, menyatakan bahwa pada Februari hingga Desember, Pemkab Bogor telah melaksanakan itsbat nikah sebanyak 2.500 pasang yang tersebar di 40 kecamatan, untuk mencapai target yang telah ditetapkan sebelum mengakhiri masa jabatan.

Iwan Setiawan menjelaskan bahwa pentingnya peran perempuan dalam mencapai tujuan-tujuan bangsa, terlebih di era kekinian seperti saat ini. Maka Peringatan Hari Ibu diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa, agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

“Perjuangan gerakan perempuan ini membawa keyakinan baru bagi perempuan-perempuan Indonesia, bahwa pemenuhan hak dan kesetaraan akan mengantarkan mereka untuk dapat berjalan bersama-sama, serta menjemput kesempatan yang sama. Keyakinan ini sangat esensial bagi kemajuan Indonesia, karena perempuan mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia. Maka kemajuan perempuan dan partisipasi perempuan dalam pembangunan akan menentukan pula kemajuan indonesia,” tutur Iwan Setiawan.

Menurut Plt. Bupati Bogor, para perempuan yang ikut terlibat aktif dalam perjuangan dan pergerakan, adalah inspirasi bagi kita semua. Para perempuan ini telah mampu berperan mengubah tatanan kehidupan menjadi lebih baik, ikut mencipta, membentuk sejarah, dan peradaban manusia ke arah yang lebih bertata nilai, berkeadilan, dan humanis dalam tatanan politik, ekonomi, sosial, budaya, bahkan teologi.

“Peringatan Hari Ibu adalah milik kita semua, mari terus berkarya, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri, sehingga bisa menjadi kekuatan yang besar menyejahterakan semua,” ungkapnya.

Sebagai Informasi, salah satu titik penting perjuangan pergerakan para perempuan di masa pra kemerdekaan dan menjadi tonggak sejarah tersendiri adalah ketika diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia pertama pada 22 desember 1928, di Jogjakarta.

Momentum bersejarah ini kemudian ditetapkan sebagai hari nasional pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno, yang dinamakan Hari Ibu. Inilah yang membedakan Hari Ibu di Indonesia dengan Peringatan “Mother’s Day” di beberapa negara di dunia. Perjalanan panjang selama 94 tahun sejak Kongres Perempuan Indonesia pertama, telah mengantarkan berbagai buah bagi kaum perempuan. Kesempatan mengenyam bangku sekolah, peluang bekerja, perempuan berpolitik, merupakan kabar baik.

Lanjut Iwan Setiawan, mengungkapkan tingginya kasus kekerasan seksual yang terjadi, juga menunjukan bahwa perempuan masih dilihat sebagai objek, sehingga kembali menjadi korban. Ditambah lagi, selama masa pandemi Covid-19, tantangan yang harus dihadapi perempuan pun semakin besar.  

“Maka, peringatan hari ibu juga menjadi ajang pengingat kita untuk kembali bersatu dan tidak mudah berpuas diri atas kemajuan yang telah kita raih, karena perjuangan kita masih panjang,” tandasnya. 

Hadir mendampingi Plt. Bupati Bogor, Komandan Lanud Atang Sendjaya, Dandim 0621/Kab. Bogor, Kapolres Bogor , Wakil Ketua Pengadilan Agama Cibinong, Sekretaris Daerah Kab. Bogor, Ketua Baznas Kab. Bogor, Kepala BNN Kab. Bogor, Ketua TP PKK Kab. Bogor, Perwakilan Kejaksaan, Para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kab. Bogor dan Para Camat. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)