Pelatihan Desa Mapan 2014

Selasa, 3 Juni 08:58 Seputar OPD
Pelatihan Desa Mapan 2014

Desa Mandiri Pangan merupakan salah satu kegiatan strategis Ketahanan Pangan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat desa dalam pengembangan usaha produktif berbasis sumber daya lokal, peningkatan ketersediaan pangan, peningkatan daya beli dan akses panganuntuk memenuhi kebutuhan gizi rumah tangga. Maka dalam mewujudkan keberlangsungan kegiatan Demapan di dalam masyarakat, BKP5K pada Kamis, 20 Maret 2014 mengadakan kegiatan “Desa Mandiri Pangan Tahun 2014” yang bertujuan untuk membangkitkan semangat dan motivasi masyarakat dalam berwirausaha yang masih berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan Demapan itu sendiri.

Dalam acara tersebut turut hadir Bapak H. Zulfakar Ch., praktisi usaha di bidang pertanian dan Bapak Dr. Dayat, SP, M.Si, dosen di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Kota Bogor sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut.

Dalam presentasinya, pembicara menyampaikan beberapa masalah yang dihadapi dalam pengembangan kegiatan Demapan, antara lain:

·    Permodalan

üPetani tidak Bankable

üBunga terlalu tinggi

·    Budidaya

üIklim

üHama dan penyakit

·    Pasar

üTidak ada kepastian harga

üPanen raya harga jatuh

·    Sosial

üSDM rendah

üKepemilikan lahan sempit

Guna mengatasi masalah tersebut maka solusi yang paling tepat adalah bekerja sama dengan kemitraan terkait dengan menjalin hubungan relasi yang intensif dimulai dengan;

ü  Saling Mengenal

ü  Saling Membutuhkan

ü  Saling Menguntungkan

ü  Saling Membantu

ü  Saling Percaya

ü  Komitmen

ü  Transparansi

ü  Ada ikatan

Bila hubungan kerja sama sudah terjalin maka diharapkan pengembangan Demapan bisa segera bermuara pada tujuan kegiatan itu sendiri yaitu terbentuk kelompok-kelompok petani yang maju dan mandiri serta bisa mensejahterakan keluarganya.