Peduli Keselamatan Kerja, RSUD Ciawi Selenggarakan Seminar K3

Rabu, 29 Januari 13:59 Berita Terkini
Peduli Keselamatan Kerja, RSUD Ciawi Selenggarakan Seminar K3
Press Release 
Diskominfo Kabupaten Bogor
29/1/2020

CIAWI-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi selenggarakan seminar sehari menyambut bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), hal ini didasari atas kepedulian RSUD Ciawi dan seiring dengan fungsinya mengembangkan pendidikan dan penelitian. Seminar dilaksanakan di aula lantai 4 gedung ARSUD Ciawi (29/1). Seminar mengangkat tema "Pelayanan Medical Check Up, Kedokteran Okupasi dan Nyeri Intervensi Untuk Peningkatan Produktivitas Pekerja".

Direktur Utama RSUD Ciawi M.Tsani Musyafa menjelaskan, RSUD Ciawi tidak hanya melaksanakan fungsi pelayanan kesehatan tapi juga mengembangkan sisi pendidikan dan penelitian. Inilah yang terus kita dorong kedepan supaya ada nilai tambah. Karena pada dasarnya jika didorong dengan pendidikan dan penelitian maka pelayanan akan lebih baik.
"Seminar hari ini kita mendorong beberapa hal dalam rangka bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). kami peduli dengan para pekerja, seluruh ruang lingkup pekerjaan nya harus baik, selamat, dan sehat yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktifitas", jelasnya.

Tsani menambahkan, pada seminar hari ini bidang yang kita bahas pertama adalah pelayanan medical check up. Karena tentu seorang pekerja tanpa medical check up yang baik akan punya resiko tinggi dengan pekerjaan yang dilakukan.
"Yang kedua adalah pelayanan Kedokteran Okupasi, kita harus peduli bahwa bekerja itu ada resiko terpapar sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaannya. Jadi ada penyakit yang timbul akibat dari pekerjaannya", tambah Tsani.
Selanjutnya, ia menjelaskan, yang ketiga adalah pelayanan nyeri intervensi. Ini adalah pelayanan baru di RSUD Ciawi. Bekerja yang terus menerus bahkan sampai over bisa mengakibatkan timbulnya penyakit, maka kita rehabilitasi medik dengan nyeri intervensi.
"Peserta hari ini adalah para dokter dan para pengambil kebijakan di perusahaan yang berasal dari seluruh daerah sekitar Bandung dan Jabodetabek. Tujuan mereka kita undang pada seminar ini, selain meningkatkan wawasan tentang tiga hal tersebut, juga agar sinergi antara dokter dengan stakeholder di perusahaan", paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dede Agung mengatakan, di dalam karsa Bogor sehat menjelaskan bahwa setiap fasilitas kesehatan harus meningkatkan akses pelayanannya. Tentu Kabupaten Bogor dengan 4 RSUD nya, salah satunya RSUD Ciawi di wilayah selatan. 
"Salah satu tugas pokok RSUD adalah memberikan pelayanan yang paripurna serta ada fungsi meningkatkan kapasitas kemampuan sumber daya manusia dengan pendidikan dan penelitian. Maka kami mengapresiasi kegiatan seminar ini yang menunjukan berjalannya fungsi pendidikan dan penelitian", ujar Dede.

Dede menambahkan, kgiatan seperti ini saya berharap diteruskan dan dikembangkan dengan tema-tema yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Harapan kami RSUD Ciawi bisa memberikan motivasi ketiga RSUD lainnya. Kedepan juga diharapkan terus mengembangkan inovasi-inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat.(Rido/Diskominfo)