Para Kades tampak antusias mengikuti materi kebijakan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan UU Desa

Selasa, 18 November 14:08 Berita Kecamatan
Para Kades tampak antusias mengikuti materi kebijakan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan UU Desa

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Tingkat Desa Tahun 2015 yang berlangsung di sebuah hotel kawasan Desa Cibeurem, Kecamatan Cisarua, mulai 16 November sampai 21 November 2014.

Mewakili Bupati Bogor, Sekretaris (BPMPD) Kabupaten Bogor, Barkah Rizauddin,SH, memaparkan sosialisasi memberikan pengertian mengenai alur perencanaan dan aturan penganggaran tingkat Desa guna mengoptimalkan berbagai fungsi di desa serta meningkatkan tata kelola pemerintahan kepada seluruh pemangku kepentingan di tingkat Kecamatan maupun Desa di Kabupaten Bogor.

"Kepada seluruh peserta sosialisasi agar mendalami secara serius ketentuan ketentuan yang mendasari RPJM dan RKP Desa untuk diaplikasikan dalam pelaksanaan tugasnya masing-masing. Hal ini ditekankan karena perencanaan yang baik akan menjadi dasar yang kuat. Untuk menghasilkan proses proses yg baik dengan hasil dan dampak positif," paparnya saat pembukaan, Senin (17/11/2014).

Menurut dia, perlunya pemahaman mengenai implikasi dan tanggung jawab pemerintah daerah dan khususnya Kecamatan akan penerapan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, memberikan panduan dalam menyusun prioritas program dan kegiatan di desa dalam pemanfaatan dana desa, memberikan pemahaman dan ketrampilan dalam penyusunan dokumen perencanaan desa, yang meliputi RPJMDesa dan RKP Desa, serta untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan dalam penyusunan APB Desa.

Sementara, Kasubag Program dan Pelaporan BPMPD Kabupaten Bogor, Ir Suratmi menambahkan bahwa tujuan kegiatan untuk memberikan Sosialisasi terhadap UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Sosialisasi PP No. 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksana Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, serta PP No. 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBD.

"Materi yang disampaikan kepada peserta mancakup evaluasi kegiatan pembangunan Desa melalui perlombaan Desa, Penyusunan RPJMD dan RKP desa, Penganggaran kegiatan dalam RPJMD dan RKP Desa, dan Legal asistant Jaksa Pengacara Negara dalam kegiatan yang bersumber dari APBN dan APBD," tambahnya.

Dalam kesempatan ini diselingi penyerahan piagam penghargaan kepada peringkat 10 besar Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2014 oleh Sekretaris BPMPB didampingi Kasubag Program dan Pelaporan BPMPD dan masing - masing Camat.

Kegiatan ini dibagi menjadi lima angkatan yang di ikuti seluruh perangkat Desa di 40 Kecamatan. Sedangkan narasumber berasal dari perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Kejaksaan Negeri Cibinong, Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Barang Daerah (DPKDB) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bogor. (als) Editor: ALSABILI


Pemenang Lomba Desa
Tingkat Kabupaten Tahun 2014

Juara I, Tingkat Kabupaten Bogor dan Juara II tingkat Provinsi Jawa Barat Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua. (Penyerahan piala dan piagam penghargaan telah dilakukan pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-69 di lapangan Tegar Beriman, 17 Agustus 2014).

Juara II, Desa Tarikolot, Kecamatan Citeureup
Juara III, Desa gunungsari, Kecamatan Pamijahan
Juara Harapan I, Desa putatnutug, Kecamatan Ciseeng
Juara Harapan II, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin
Juara Harapan III, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur

Peringkat VII, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi
Peringkat VIII, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung
Peringkat IX, Desa Sukamanah, Kecamatan Jonggol
Peringkat X, Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojong Gede.