Pameran Arsip Statis Perjuangan Diminati Anak-Anak

Selasa, 19 Agustus 10:16 Berita Terkini
Pameran Arsip Statis Perjuangan Diminati Anak-Anak

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
18/8/2014
CIBINONG

Pameran arsip statis perjuangan di Kabupaten Bogor, diminati pengunjung terutama anak-anak Sekolah Dasar. Pengunjung pameran yang didominasi siswa siswi sekolah dasar ini, antusias melihat beberapa arsip stastis berupa foto, lukisan, senjata, hingga baju yang digunakan pejuang Kabupaten Bogor pada masa merebut kemerdekaan. Pameran arsip statis tersebut diselenggarakan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (KAPD) Kabupaten Bogor bersama Museum Perjuangan Bogor di Cibinong City Mall, Senin (18/8).
 
Menurut Kepala KAPD Kabupaten Bogor, Ferry Adnan, kita ketahui bahwa kunjungan masyarakat untuk membaca buku ke perpustakaan dan minat untuk menggali kegiatan kearsipan masih rendah, maka pameran arsip statis sejarah Kabupaten Bogor ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah arsip bagi kehidupan.
 
“Pameran ini juga untuk menambah koleksi arsip statis di Kabupaten Bogor, menumbuhkan sikap sadar arsip, menjalin kerjasama pengelolaan arsip statis dan menumbuhkembangakan arsip statis yang kita miliki. Kita melihat pengunjung yang hadir cukup banyak terutama didominasi oleh siswa-siswi sekolah dasar. Hal ini merupakan modal kita untuk memberikan pengetahuan sejarah Kabupaten Bogor kepada mereka, serta menanamkan rasa cinta akan sebuah arsip”, papar Ferry.
 
Ferry juga menambahkan, ada beberapa masukan dari para keluarga pejuang di Kabupaten Bogor, termasuk dari keluarga Enthol Kahfi dan Ipik Gandaman, para Bupati pendahulu kita, bahwa sebaiknya nama-nama jalan di Kabupaten Bogor menggunakan nama pejuang Kabupaten Bogor. Kemudian, adanya pengurusan kepejuangan ke tingkat nasional. Dan bagi pejuang yang tidak mampu, diberikan kadedeuh untuk meringankan beban hidupnya sehari-hari.
 
Selanjutnya usai membuka pameran arsip statis, Asisten Administrasi Pemerintah Kabupaten Bogor, Benny Delyuzar, mengatakan, dengan adanya pameran arsip statis ini akan lebih banyak masyarakat yang mengetahui dan memahami perjuangan bangsa. Disinilah pentingnya rekam jejak historis yang dilakukan kantor arsip untuk kepentingan masyarakat. Ini juga dalam rangka meningkatkan masyarakat sadar arsip. “Perjuangan untuk mendirikan bangsa ini sangat panjang, kemerdekaan bukanlah sebuah pemberian hadiah secara Cuma-Cuma, melainkan sebuah proses panjang yang sarat dengan sikap heroik dan pengorbanan para pahlawan. Sikap ini sangat penting ditanamkan pada diri kita terutama para generasi muda yang tidak mengalami masa-masa perjuangan”, terang Benny.

Lebih lanjut Benny mengajak, mari kita hayati nilai perjuangan yang terkandung pada arisp-arsip statis yang hari ini dipamerkan. Hal ini untuk meningkatkan sikap perjuangan dan pengorbanan dalam mengisi kemerdekaan. Pemkab Bogor perlu sikap perjuangan seluruh elemen masyarakatnya untuk mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia.
 
Selain memamerkan arsip-arsip statis bertemakan perjuangan di Kabupaten Bogor pada masa penjajahan, terdapat pula penampilan seperti teater tentang perjuangan, pemutaran film perjuangan, penampilan kesenian, penyerahan penghargaan kepada pejuang di Kabupaten Bogor dan dialog dengan keluarga pejuang dan pelajar.(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)