OPD Disidak, Tingkat Kehadiran Capai 99,68 Persen

Rabu, 6 Agustus 12:07 Berita Terkini
OPD Disidak, Tingkat Kehadiran Capai 99,68 Persen

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
4/8/2014
CIBINONG

Hari pertama masuk kerja, usai libur panjang Idul Fitri 1435 H, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) disidak. Dari hasil inspeksi dadakan tersebut disimpulkan kehadiran PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor sebesar 99,68 persen. Angka tersebut menunjukan peningkatan di setiap tahunnya, hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptanda usai menyidak beberapa OPD, Senin (4/8).

“Hari ini tingkat kehadiran PNS hingga 99,68 persen, hal ini menunjukan kenaikan persentase dari tahun-tahunnya. Ini juga membuktikan ada peningkatan kesadaran akan disiplin pegawai, karena bagaimanapun PNS bekerja dengan diawasi Undang-undang jadi tidak bisa seenaknya. Hari ini pula, kita lakukan pemantauan terhadap kehadiran, selanjutnya akan ada pemantauan kembali untuk memastikan mereka bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, salahsatunya bekerja hingga pukul 15.30, dan kegiatan pengawasan ini akan dilakukan selama dua hari”, terang Adang.

Meski demikian, lanjut Adang, masih ada beberapa pegawai yang hari ini tidak masuk tanpa keterangan selain cuti dan izin sakit. Mereka yang tanpa keterangan tentunya akan diproses baik berupa pembinaan hingga pemberian hukuman sesuai ketentuan yang berlaku. Mengenai pelanggaran indisipliner, awal tahun ini sudah pernah kita terapkan sangsi terberat. Kita pernah memberikan hukuman tinggkat berat hingga memberhentikan secara tidak hormat PNS karena persoalan indisipliner dan yang bersangkutan diproses sesuai Peraturan Pemerintah nomor 53 (PP53). “Masalah pelayanan publik, dari hasil pemantauan kita pelayanan kepada masyarakat sudah berlangsung seperti biasanya meskipun masyarakat yang mengurus perizinan maupun yang lainnya belum banyak. Jadi masyarakat tidak perlu ragu untuk mengurus keperluannya, karena sejak hari ini pelayanan sudah berjalan seperti biasanya”, papar Adang.

Hari ini, Sekretaris Daerah yang didampingi Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, Aty Guniarwati, dan Kepala INSPEKTORAT Kabupaten Bogor, Didi Kurnia menyidak enam OPD, diantaranya adalah, Dinas Komunikasi dan Informasi, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Pendapatan Daerah, Badan Perizinan Terpadu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah. Dari keenam OPD tersebut hanya dua orang yang ditemukan tanpa keterangan, sisanya terdapat pegawai yang cuti dan izin sakit.(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)