Meriahkan Hari Santri Pemkab Bogor Gelar Lomba Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) secara virtual dan lomba Video Nadzom Alfiyah

Selasa, 12 Oktober 14:36 Berita Terkini
Meriahkan Hari Santri Pemkab Bogor Gelar Lomba Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) secara virtual dan lomba Video Nadzom Alfiyah
Release Diskominfo Kabupaten Bogor
SELASA, 12 Oktober 2021

CIBINONG- Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor lakukan kegiatan lomba Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) secara virtual dan lomba Video Nadzom Alfiyah, di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Selasa (12/10). 



Bupati Bogor, Ade Yasin mengajak para santri Kabupaten Bogor untuk memeriahkan Hari Santri Nasional dengan mengikuti Musabaqah Qiroatil Kutub dan lomba Video Nadzom Alfiyah, guna melahirkan santri-santri yang hebat dunia dan akhirat.

"Hebat ilmu pengetahuan dan agama, berlandaskan iman dan taqwa, jadi santri siaga jiwa dan raga," ungkap Ade Yasin.



Selanjutnya, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bogor, Abdul Aziz mengatakan, kegiatan Musabaqah Qiroatil Kutub secara virtual dan lomba Video Nadzom Alfiyah dilakukan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Santri Nasional. Berdasarkan pendaftaran dari 40 Kecamatan sebanyak 25 Kecamatan yang ikut serta dalam kegiatan MQK tahun 2021 dengan total peserta sebanyak 41 orang terdiri dari 22 putra dan 19 putri. Untuk MQK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena di 2021 ini hanya satu cabang yang dilombakan yaitu tingkat marhala ula, artinya tahun ini hanya satu cabang yang dilombakan dan tingkatannya yang paling tinggi.



"Karena kegiatan ini adalah kegiatan rutin dalam rangka hari santri dan Insyaallah yang juara tahun ini akan kita ikutkan nanti di tingkat provinsi," ujar Aziz.

Kemudian, Kabag Kesra menambahkan, kegiatan MQK juga dilakukan untuk menguji kemampuan para santri dalam memahami, membaca kitab kuning yang telah mereka pelajari di pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

"Kita dapat melihat sejauh mana kemampuan mereka dalam memahami dan membaca kitab kuning, sehingga jadi tolok ukur kemampuan para santri yang sudah mondok baik di Pondok Pesantren Salafiah maupun modern yang ada di Kabupaten Bogor ini," paparnya.

Katanya, untuk diketahui oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bogor bahwa ada juga kegiatan lainnya yakni lomba Video Nadzom Alfiyah, yang prosesnya dimulai dari tanggal 4-17 Oktober 2021. Bilamana ada pondok pesantren ataupun siapapun yang ada di Kabupaten Bogor yang akan mengikuti silahkan membuat videonya dan disampaikan ke panitia yang sudah disebar melalui media sosial.

"Pengumuman akan disampaikan pada 22 oktober 2021, bertepatan dengan upacara Hari Santri Nasional sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW," tandasnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)