Mengentaskan Desa Tertinggal Dengan Samisade

Kamis, 3 Juni 13:40 Berita Terkini
Mengentaskan Desa Tertinggal Dengan Samisade
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Kamis, 3 Juni 2021


CIBINONG- Sebanyak 41 dari 45 desa tertinggal di Kabupaten Bogor naik status menjadi desa berkembang, sehingga hanya tersisa 4 desa yang tersebar di tiga kecamatan berstatus desa tertinggal. Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa Satu Milyar Satu Desa (Samisade) jadi andalan Bupati Bogor, Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan untuk mengentaskan 4 desa tertinggal tersebut.



“Jangan sampai lagi ada desa tertinggal di Kabupaten Bogor. Saya optimistis program Samisade dapat membuat desa maju dan berkembang. Ade Yasin sudah menyalurkan Samisade senilai 318,5 milyar untuk 356 desa. Program bantuan keuangan ini dipakai untuk menstimulus pembangunan infrastruktur desa,” tandas Ade.

Ade menambahkan, diharapkan Samisade tak hanya mengentaskan desa tertinggal, tapi juga mendorong desa dari status berkembang menjadi maju. Dari 416 desa, masih ada desa tertinggal. Nah, dengan Samisade diharapkan, desa tertinggal menjadi berkembang dan desa berkembang menjadi maju.

“Program Samisade dapat mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's) Desa. Program Samisade dengan pola padat karya diharapkan dapat membawa dampak penyerapan tenaga kerja dan menggerakkan sektor riil di akar rumput dan menciptakan multiflier effect yang mendorong pemulihan ekonomi sekaligus mempercepat pencapaian SDG's Desa,” tambahnya.



Di tahun 2021 kita akan fokus pada pembangunan desa dengan program Satu Milyar Satu Desa melalui mekanisme padat karya dan pembangunan infrastruktur, sehingga masyarakat Kabupaten Bogor dari perkotaan hingga ke pelosok ikut merasakan hasil pembangunan dan bangga menjadi warga Bumi Tegar Beriman.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, Samisade adalah program luar biasa dan satu-satunya di seluruh Indonesia. Program ini sudah diperjuangkan sejak tahun 2019. Untuk mewujudkan misi membangun dari desa, dan Alhamdulillah terwujud di tahun 2021. Oleh karena itu program ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Kami ingin program Samisade ini sukses dan menjadi percontohan di tingkat nasional. Jika di tingkat nasional ada program satu milyar satu desa dari Presiden dalam bentuk Dana Desa. Kalau di Kabupaten Bogor namanya Samisade (Satu Milyar Satu Desa) ini adalah program khusus dari Bupati Bogor,” kata Iwan. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KAB.BOGOR)