Lantik Dua Kades Antar Waktu, Plt. Bupati Bogor Minta Kades Lebih Merakyat dan Tegakan Demokrasi

Jumat, 6 Januari 20:05 Berita Terkini
Lantik Dua Kades Antar Waktu, Plt. Bupati Bogor Minta Kades Lebih Merakyat dan Tegakan Demokrasi
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
Jumat, 6 Januari 2022

JONGGOL- Dua kepala desa yakni Kepala Desa Sirnagalih Kecamatan Jonggol dan Kepala Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang hasil Pemilihan Antar Waktu (PAW) resmi menjadi Kepala Desa definitif setelah dilantik oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Kantor Desa Sirnagalih, Jumat (6/1/23).

Proses Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu, dilakukan karena Kades sebelumnya meninggal dunia sehingga terjadi kekosongan jabatan. Pemilihan Antar Waktu (PAW) dapat dilakukan melalui dua cara yakni musyawarah mufakat dan melalui bilik suara. Sesuai hasil keputusan bersama, untuk proses Pemilihan Kades Antar Waktu Desa Sirnagalih Kecamatan Jonggol dan Kepala Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang dilakukan melalui bilik suara.

Menurut Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan bahwa pelantikan kedua kepala desa sengaja dilakukan di Kantor Desa Sirnagalih, untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat baik Desa Sirnagalih dan Desa Cipambuan mempunyai pemimpin yang baru.

"Hari ini pelantikan Kades sengaja tidak dilakukan di Kantor Pemkab, supaya masyarakat bisa melihat langsung dan tahu pimpinannya," terang Plt. Bupati Bogor.

Dirinya juga meminta kepada dua Kades yang telah dilantik agar dapat melaksanakan program, melayani masyarakat dan mengelola keuangan dengan baik. 

"Hati-hati dan jaga amanah, kelola keuangan dengan baik, gunakan untuk kepentingan masyarakat," tegasnya. 

Sebagaimana diketahui, tahun 2023 ini memasuki tahun politik, sehingga perlu kehati-hatian dalam melaksanakan tugas. Di kesempatan ini Plt. Bupati Bogor meminta kepada seluruh Kades di Kabupaten Bogor, untuk menegakkan demokrasi dan bersikap netral dalam kontestasi politik. 

"Kades harus netral, saya tekankan tahun ini tahun politik. Tegakkan demokrasi, jadilah Kades negarawan agar semua program manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. Saya juga berharap kepada Kades yang baru dilantik, selalu turun langsung ke masyarakat untuk mengatasi permasalahan serta mengakomodir kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Reynaldi Yushab menuturkan bahwa pelantikan Kades Antar Waktu dilakukan untuk mengisi kekosongan masa jabatan Kades yang sebelumnya meninggal dunia. Dengan pelantikan ini akan terjadi kesinambungan pemerintahan terutama di desa.

"Karena saat ini pemerintahan desa sedang giat-giatnya melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan bantuan keuangan, baik itu infrastruktur maupun bantuan transfer desa baik dari pusat, provinsi dan daerah, sehingga sangat diperlukan adanya pemimpin khususnya Kades yang bisa memanage, mengatur, mengolah, agar semua kegiatan pembangunan di desa tetap terlaksana," katanya. 

Selanjutnya, Kades Sirnagalih Mutiara Iqlima menyatakan, rasa syukur dan bangga bisa dilantik langsung oleh Plt. Bupati Bogor di Kantor Desa Sirnagalih. 

"Ini momentum yang luar biasa, semoga semua warga bisa mendukung dan bekerjasama membangun Desa Sirnagalih agar visi misi serta tujuan membangun desa bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Hal senada diungkapkan Kades Cipambuan, Dadang Darajat berharap masyarakat dapat mendukung dan bekerjasama dengan seluruh masyarakat Desa Cipambuan untuk membawa Desa Cipambuan lebih baik.

"Alhamdulilah pelantikan berjalan dengan hikmat bersama Plt. Bupati Bogor disaksikan Camat Babakan Madang dan Camat Jonggol dan masyarakat dari dua kecamatan. Dengan dilantiknya saya semoga bisa membawa Desa Cipambuan ke arah lebih baik," tukasnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)