Kemenkominfo Serahkan MCAP Sepenuhnya

Senin, 22 September 16:36 Berita Terkini
Kemenkominfo Serahkan MCAP Sepenuhnya

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
22/9/2014
CIBINONG

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, hari ini (Senin/22/9) serahkan sepenuhnya perangkat yang diberi nama Mobile Community Acces Point (MCAP) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Penyerahan dilakukan di ruang rapat Wakil Bupati Bogor, Cibinong. Penyerahan hibah berupa prototype MCAP tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah, Adang Suptandar didampingngi jajaran Dinas Komuikasi dan Informasi (Dsikominfo) serta Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD).
 
Sebelumnya, pada tahun 2012 MCAP yang berupa kendaraan motor sudah dilakukan serah terima operasionalnya kepada Pemerintah Kabupaten Bogor. Namun statusnya hanya titipan untuk dioperasionalkan saja sementara kepemilikan sepenuhnya masih di pihak Kemenkominfo. Namun kini, setelah ada izin dari Kementrian Keuang RI tentang hibah MCAP kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, MCAP diserahkan sepenuhnya.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar mengatakan, Tahun 2012 ada hibah dari Kemenkominfo dalam bentuk MCAP tapi belum ada izin dari Kemenkeuangan. Sekarang izin tersebut sudah ada dari kementrian keuangan maka MCAP ini sudah diserahkan sepenuhnya pada pemerintah Kabupaten Bogor. Sebelum diberikan kepada Diskominfo untuk dioperasionalkan akan diserahkan terlebih dahulu kepada DPKB guna dicatat lebih lanjut, karena ini merupakan aset pemerintah daerah.
 
“Implementasi pemanfaatan bantuan prototype MCAP motor berperangkat computer jaringan, dalam rangka pemberdayaan informatika masyarakat untuk mengatasi kesenjangan digital dan mengentaskan kemiskinan. Pemanfaatan MCAP motor untuk mendukung pemberdayaan informatika masyarakat guna meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai kebijakan pemerintah”, terang Adang.
 
Direktur Pemberdayaan Informatika, Kemenkominfo, Mariam F Barata menjelaskan, bantuan perangkat ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo untuk memperluas akses dan mempercepat penguasaan teknologi informasi dan internet di masyarakat, khususnya kaum difabel. Kemenkominfo menargetkan, pada 2015 separuh dari jumlah penduduk Indonesia harus sudah mengenal internet.
 
“Sudah ada 74 juta orang pengguna internet di Indonesia. Jumlah tersebut sangat besar, tetapi itu baru mencapai 29 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Target 2015 agar separuh jumlah penduduk Indonesia mengenal internet, direalisasikan melalui berbagai upaya. Bantuan Kemenkominfo bagi kaum difabel berupa perangkat MCAP, merupakan salah satu upaya agar target segera tercapai”, papar Mariam.
 
Prangkat MCAP motor sendiri terdiri dari satu unit motor viar, satu paket karoseri, empat unit notebook, satu unit wireless 3G router dan USB 3G modem, satu unit printer infus multifungsi, satu unit DVD-RW eksternal, satu unit UPS, satu unit genset silent, empat kursi lipat. Sejak tahun 2012 hingga sekarang penggunaan MCAP terus dioptimalkan, MCAP terus dimobilisasi untuk menjangkau masyarakat yang tak tersentuh internet.(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)