Kegiatan Pelatihan PPS

Selasa, 3 Juni 09:05 Seputar OPD
Kegiatan Pelatihan PPS
Pada tanggal 13 Januari 2014 Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan mengadakan kegiatan Pelatihan PPS (Penyuluh Pertanian Swadaya) dalam bentuk studi banding ke Balai Besar Penelitian Padi Sukamandi dan Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan Jawa Barat.
 
Kegiatan Pelatihan PPS ini merupakan kegiatan dari Bidang Penyuluhan Pertanian guna meningkatkan pengetahuan seluruh PPS tentang informasi teknologi budidaya padi dan pengendalian organisme pengganggu tanaman. Acara studi banding ini dihadiri oleh seluruh PPS Kabupaten Bogor yang berjumlah 200 orang. Dalam studi banding ini, PPS didampingi oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertania, Perikanan dan Kehutanan (BKP5K) Kabupaten Bogor Ir. Hj. Siti Farikah, MM dan Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Ir. Aan Surya Priyana dan juga seluruh staff bidang penyuluhan pertanian.

Pada kunjungan pertama, peserta berkesempatan mendatangi Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan Jawa Barat.  Institusi ini merupakan kelengkapan kelembagaan sistem perlindungan tanaman yang telah dirintis sejak tahun 1977 sejalan dengan pengembangan institusi Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura di daerah, mengingat tugas teknis dan pekerjaan di bidang perlindungan tanaman akan semakin berat, dan tetap merupakan masalah pokok dalam produksi tanaman. Misi untuk menunjang Visi dalam Menjadi Lembaga Terpercaya dan Pusat Pengembangan Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan dan Diakui Dunia Internasional, Balai Besar Peramalan Organisme Penggangu Tumbuhan Jawa Barat memiliki Misi sebagai berikut.
• Mengembangkan Balai Besar Peramalan OPT yang profesional, efektif dan efisien;
• Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas di bidang peramalan, pengamatan, dan pengendalian
  OPT;
• Menciptakan model peramalan OPT yang tepat dan akurat;
• Menciptakan metode pengamatan OPT yang tepat dan akurat;
• Merakit dan mengembangkan teknologi pengendalian  tepat guna yang efektif, efisien dan aman;
• Menerapkan dan mengembangkan teknologi PHT spesifik lokasi;
• Meningkatkan pelayanan dan diseminasi informasi peramalan, pengamatan dan teknologi pengendalian OPT.
Disini Para PPS saling bertukar informasi dan pengalaman tentang penanganan organisme pengganggu tanaman. Dan para PPS di beri kesempatan untuk tanya jawab tentang persoalan pengendalian organisme pengganggu tanaman. Terutama dalam pembasmian hama dengan cara organik tanpa menggunakan bahan kimia.