Kapolda Jabar Pimpin Apel Kontinjensi

Selasa, 19 Agustus 10:25 Berita Terkini
Kapolda Jabar Pimpin Apel Kontinjensi

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
18/8/2014
CIBINONG

Dalam rangka menjaga suasana kondusif pasca keputusan MK tentang PHPU Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang akan di putus pada 22 Agustus 2014, Mendatang, Polda Jabar mengelar apel kesiapan simulasi situasi Kontijensi di wilayah Polda Jabar, yang di pimpin secara langsung oleh Kepala Polisi Daerah Jawa Barat, Irjen Pol Mochmad Iriawan, adapun Apel Siaga Simulasi situasi Kontijensi berlangsung di Lap, Tgar Beriman, Komplek Pemda Bogor, Cibinong, Pada (18/8).

Dalam amanat Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Mochmad Iriawan Berpesan untuk terus menjaga kondusifitas wilayahnya pasca putusan MK pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, sehingga tidak ada hal-hal yang dapat merusak jalan nya Pilpres, mengingat perkembangan peningkatan eskalasi massa seperti tejadi nya bentuk di Jawa Timur. “"Polda Jabar akan membantu pengamanan menjelang dan pasca-penetapan putusan MK di pusat. Kami akan melakukan simulasi situasi kontijensi berupa penyekatan pergerakan atau pergeseran massa menuju Jakarta, Bogor yang terdekat dengan ibukota harus menjadi perhatian serius dan di pahami seluruh Jajaran,”Tegasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan kepada para anggota nya untuk selalu mepedomani Perkap No. 12 Tahun 2009 tentang pengawasan dan pengendalian seperti tahap pertama pencegahan,perintah lisan kelengkan peralatan sesuai dengan peruntukan serta penggunaan senjata api. “ saya berharap kepada seluruh jajaran untuk selalu mempedomani Perkap No. 12 Tahun 2009 tentang pengawasan dan pengendalian, sehingga seluruh jajaran dapat mengendalikan diri terhadap massa yang akan merusak keamanan dan ketertiban,”Tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP, Sonny Mulvianto menambahkan di Kabupaten Bogor titik-titik yang mendapatkan priotitas adalah enam Gerbang Tol yang bersinggungan dengan Jakarta, Jalan Simpang Gadog, Jalan Parung, dan Gedung KPU. “ selain penyekatan di akses keluar masuk bogor dan jakarta, penjagaan juga dilakukan di beberapa objek vital seperti kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, panwaslu serta beberapa perusahaan swasta di Kabupaten Bogor,”Ungkapnya.

Sebelum menggelar apel kesiapan simulasi situasi kontijensi, Kapolda dan jajaran Polres serta Pemkab Bogor melakukan telekonfren dengan Kapolri dan sejumlah Kapolres di wilayah Jawa Barat, Usai apel gelar pasukan, dilanjutkan dengan simulasi pengamanan kontijensi di pintu tol Sentul dengan skema antisipasi mobilisasi massa menuju Jakarta dan Dilakukan penandatangan permakluman rencana kontigensi di jabar. . Turut hadir pula Wakil Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Moch Hanafi, Dandim 0621/Suryakencana, Nugraha Imam Santoso, Kajari Cibinong, Bambang eko Riadi, Wakil Ketua PN Cibinong. (Andi/Diskominfo Kabupaten Bogor)