Kabupaten Bogor Terus Tingkatkan Investasi

Jumat, 14 November 12:36 Berita Terkini
Kabupaten Bogor Terus Tingkatkan Investasi

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
13/11/2014
JAKARTA

Wakil Bupati Bogor, Nurhayanti memaparkan investasi perlu ditingkatkan mengingat Kabupaten Bogor merupakan kabupaten terbesar dari segi penduduk dan wilayahna, serta memiliki potensi investasi yang besar. Hal tersebut dikatakan Wabup saat berdiskusi dengan anggota DPR RI Airlangga Hartarto pada program Public Corner, di Metro TV, Jakarta. “Dengan keadaan Kabupaten Bogor terbesar dari segi penduduk dan wilayahna, tentu saja pemerintah daerah butuh dana yang cukup besar dalam melaksanakan pembangunan, tidak cukup mengandalkan APBD saja tapi butuh kontribusi dari investasi. Olehkarenanya upaya-upaya kita lakukan agar investor bisa terus masuk ke Kabuapaten Bogor tentunya dengan pelayanan yang optimal”, papar Wabup.

Upaya tersebut, lanjutnya, diantaranya dengan memudahkan proses perizinan yakni dengan pelayanan 14 hari bisa selesai.  Dari 71 jenis perizinan yang kita miliki, 28 perizinan sudah dapat sertifikat ISO. Mengenai  keunggulan Kabupaten Bogor, yakni sebagai penyangga ibu kota yang harus bisa menguntungkan DKI. Kemudian kondisi alamnya yang bersahabat memungkinkan kita bisa membuka sektor pariwisata, selanjutnya Kabupaten Bogor memiliki lahan yang subur.

“Sekarang tinggal kita membuat sumber daya manusia yang memadai, dan tentunya memperbaiki dan mengembangkan infrastruktur agar menarik minat investor. Adanya investasi juga menjadi solusi dalam mengatasi pengangguran. Kami mengajak para investor untuk datang dan berinvestasi karena memilih Kabupaten Bogor untuk berinvestasi merupakan pilihan yang tepat”,  lanjut Wabup.

Sementara itu, Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kabupaten Bogor, Airlangga Hartarto menjelaskan, Kabupaten Bogor sebagai salah satu daerah di Jawa Barat sudah memberikan pelayanan investasi yang baik. Namun ini perlu didorong kembali melihat potensi Kabupaten Bogor terutama di bidang industri sangatlah besar. Kabupaten Bogor sebagai penyangga ibu kota bisa dijadikan alternatif bagi investor dari segi lahan produksi.

“Soal Infrastruktur Kabupaten Bogor harus terus diperbaiki, karena untuk dikembangkan sebagai wilayah industri yang besar, infrastruktur menjadi syarat utama. Selanjutnya dari sisi SDM, kini tantangannya masih ada 200 ribu jiwa yang masih menganggur dan tingginya kesenjangan pendapatan. Perlu ada peningkatan kualitas SDM, dan kami dari pusat siap membantu melalui program-program pembinaan”, jelas Airlangga.(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)