Kabupaten Bogor Andalkan Posyandu Dahlia Juara

Selasa, 16 September 07:56 Berita Kecamatan
Kabupaten Bogor Andalkan Posyandu Dahlia Juara

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
15/9/2014
TAJURHALANG

Pada lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tingkat Jawa Barat, Kabupaten Bogor andalkan Posyandu Dahlia juara. Pasalnya, sebelum lomba tingkat Provinsi ini digelar, Posyandu Dahlia menjadi Posyandu terbaik se-Kabupaten Bogor. Wakil Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, Posyandu Dahlia Desa Sukmajaya Kecamatan Tajurhalang merupakan salah satu posyandu terbaik kami yang senantiansa berperan meningkatkan derajat hidup masyarakat kabupaten Bogor. Hal tersebut ia katakana saat menerima tim penilai lomba Posyandu di Ruang Rapat Bupati Bogor, Cibinong, Senin (15/9).

“Peran Posyandu dalam mewujudkan visi dan misi Kabupate Bogor sangat besar. Olehkarenanya, dalam mengembangkan Posyandu kami pusatkan perhatian pada optimaliasi Posyandu seperti program imuniasi, pelayanan KB dan yang lainnya. Tentunya dengan optimalisasi peran posyandu diharapkan angka kematian ibu dan bayi dapat terus ditekan. Kemudian, Peningkatan derajat kesehatan akan memberikan kontribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), olehkarenanya sarana prasarana kesehatan terus kita bangun, baik dari tenaga kesehatannya termasuk di dalamnya adalah pembangunan Posyandu. Kemudian, untuk selanjutnya penyelenggaraan pelayanan kesehatan terus kita tingkatkan”, terang Wabup.

Sementara itu, mengenai kegiatan lomba Posyandu tingkat Jawa Barat, Wabup berkomentar,  apa yang telah kami lakukan Insya Allah akan mendapat apresiasi dari tim penilai dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat. Kegiatan ini merupakan pembinaan para pengelola posyandu, agar terus mengembangkan kegiatan posyandu dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu, Khoirul Naim menjelaskan,  program revitalisasi Posyandu adalah dalam rangka penguatan tiga aspek yatu, peningkatan kompetensi pelaku atau kader Posyandu, berkaitan dengan sarana dan prasarana dalm rangka penguatan Posyandu,  kemudian kita ingin meningkatkan peran posyandu.

“Kegiatan ini tidak hanya mencari sang juara belaka, melainkan sebuah momentum evaluasi dan motivasi. Olehkarenanya, penilaian Posyandu kali ini tidak hanya mencari juara tapi mendalami apakah ada kreasi, inspirasi dan inovasi yang dikembangkan oleh para kader Posyandu. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadikan motivasi dan dorongan bagi kita semua dalam merevitalisasi Posyandu. Kami senantiasa menerima masukan dan kritikan dalam melakukan penilaian.

Ia menambahkan, ini adalah hari pertama tim penilai dalam melakukan penilaian, ada enam zona yang akan kami nilai, Kabupaten Bogor masuk di zona satu. Tim penilai terdiri dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD )Provinsi Jawa Barat, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Jawa Barat, Badan Ketahanan Pangan Jawa Barat.

Selanjutnya, Camat Tajurhalang, Nurhayati memaparkan, di Kecamatannya terdapat 83 Posyandu,  dan sembilan Posyandu di Desa Sukmajaya. Posyandu Dahlia ini salah satu Posyandu yang berhasil mengembangkan inovasi dan kreasinya di bidang sosial, pendidikan dan kesehatan. Maka dari itu, Posyandu Dahlia menjadi Posyandu terbia tingkat Kecamatan dan Kabupaten Bogor. Kini kami optimis, Posyandu Dahlia akan menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Semangat masyarakat Desa Sukmajaya dalam meningkatkan drajat hidup masyarakt sangat tinggi. Terbukti dengan adanya Posyandu Dahlia yang dalam pelaksanaannya mampu menjadi Posyandu terbaik di Kabupaten Bogor dari segi prasarana maupun kualitas kegitaannya. Dari semangat tersebut lahir sebuah gagasan-gagasan baru yang inovatif dalam rangka meningkatkan peran Posyandu untuk masyarakat”, papar Nurhayanti.

Lomba Posyandu tahun 2014 ini memiliki dasar hokum, Permendagri No.54 Tahun 2007 tentang POKJANAL dan SK Bupati No.445.8/151/KPTS/PER.UU.2013 tentang POKJANAL. Tujuan lomba yakni memotivasi, meningkatkan prestasi dan supervise para kader Posyandu. Tahun 2012 jumlah Posyandu di Kabupaten Bogor sebanyak 4631 dengan jumlah kader sebanyak 16.495. Pada tahun 2013 jumlahnya meningkat, yakni 4729 Posyandu dan 19.145 kader. Dan di tahun 2014 (data Februari) kembali meningkat, yakni 4758 Posyandu dan 21.044 kader.

Dalam meningkatkan peran Posyandu juga melibatkan kerjasama berbagai pihak seperti, Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Kemudian terlibatnya perguruan tinggi (IPB, PAKUAN dan JUANDA), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Yasmina, serta Instansi lainnya. Kemudian untuk meningkatkan peran Posyandu juga Pemerintah Kabupaten Bogor dan Provinsi Jawa Barat selalu memberikan dukungan anggaran yang memadai. (Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)