Jaga Aset Daerah dan Rehabilitasi Lahan, Pemkab Bogor Lakukan Penanaman Pohon

Senin, 30 Maret 09:33 Berita Kecamatan
Jaga Aset Daerah dan Rehabilitasi Lahan, Pemkab Bogor Lakukan Penanaman Pohon

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
27/3/2015
Babakan Madang

Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti mengatakan bahwa manfaat dari penanaman pohon yang berlangsung di ruas jalan poros tengah timur dalam upaya pengamanan asset Pemerintah Daerah berupa tanah di sepanjang jalan poros tengah timur yang merupakan hibah dari para pengusaha dan masyarakat serta dalam upaya reboisasi dan rehabilitasi lahan di sekitar kawasan poros tengah timur.

“kegiatan ini selain menanam pohon juga menjaga aset Pemerintah Daerah yang merupakan hibah dari pengusaha dan masyarakat, karena nantinya jalan poros tengah timur akan menghidupkan kembali ekonomi di wilayah timur dan solusi kemacetan puncak dan penanaman ini pun berfungsi agar kawasan tersebut tetap asri dan terhindar dari bencana.”Katanya pada jumat, (27/3).

Lebih lanjut, Yanti sapaan Akrabnya selain menghidupkan ekonomi dan solusi kemacetan puncak, jalan poros tengah timur sebagai pusat koneksitas antar wilayah yang menghubungkan Kabupaten Bogor, Kota Bekasi dan Kabupaten Cianjur secara terintegrasi, akan tetapi juga berkembang sebagai pusat kegiatan otomotif, ecopark, ekonomi kreatif dan wisata terpadu. “saya akan terus berkomunikasi dengan  Pemerintah Pusat agar pembangunan jalan Poros Tengah Timur segera di selesaikan karena akan menjadi koneksitas beberapa wilayah dan di prediksi sebagai kegiatan otomotif, ecopark, ekonomi kreatif dan wisata terpadu.”Tambahnya.

Ia pun  berpesan kepada kepada kepala camat dan kepala desa wilayah tugasnya pada jalur poros tengah timur, agar melakukan pengawasan terhadap aset Pemerintah Daerah yang berada di lokasi ini, sehingga pada saat pelaksanaan pembangunan jalan ruas poros tengah timur nanti tidak mengalami hambatan yang berarti.

Sementara itu, Kepada Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor, Joko Pitoyo, mengatakan dengan penanaman pohon yang dilaksanakan akan menciptakan lingkungan-lingkungan yang teduh dan berdampak pada kelestarian lingkungan agar pengembangan ruas jalan ini tidak bersifat kontraproduktif karena gersang dan tidak memperhatikan aspek keselamatan masyarakat penggunaan dari bencana alam. “dilaksanakan kegiatan penanaman pohon disepanjang ruas jalan poros tengah timur sebagai upaya  pengamanan dari bencana alam serta dalam rangka mendorong terbangunnya ruas jalan yang teduh dan indah sehingga selain mendukung jalur-jalur transportasi juga mendukung pengembangan sebagai ruang terbuka hijau dan jalur pariwisata.”Ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Pertahanan, Laksamanan Madya TNI D. Albert Mamahit, M.Sc mengatakan bahwa penanaman pohon tidak bisa di tunda lagi dan mari berkomitmen untuk merehabilitasi hutan yang terdegradasi atau lahan kritis serta melindungi masyarakat dari terjadinya bencana alam.

Adapun pun penanaman pohon tersebut tersebar sepanjang 1 Kilometer dengan 1000 Bibit tananaman, pada kesempatan ini Hutomo Mandala Putra memberikan 3000 bibit tanaman untuk di tanam di sepanjang Jalan Poros Tengah Timur. Pelaksanaan penanaman pohon ini pun turut dihadiri oleh Kapolres Bogor, AKBP Sonny Mulvianto, Sekretaris Daerah  Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, Seluruh Kepala OPD dan Beberapa Perwira TNI dan unsur pelajar dan Mahasiswa. (Andi/Diskominfo Kabupaten Bogor)