Jadi Yang Pertama Di Indonesia, Bendungan Dry Dam Ciawi dan Sukamahi Diresmikan Presiden Jokowi

Sabtu, 24 Desember 09:25 Berita Terkini
Jadi Yang Pertama Di Indonesia, Bendungan Dry Dam Ciawi dan Sukamahi Diresmikan Presiden Jokowi
Press Release Diskominfo kabupaten Bogor
Jumat, 23 Desember 2022
 

 
MEGAMENDUNG-Bendungan kering atau dry dam Ciawi dan Sukamahi yang berada di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, hari ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (23/12). Presiden Jokowi mengungkapkan, dua bendungan kering ini adalah yang pertama di Indonesia.
 
Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan turut mendampingi Presiden Jokowi di Bendungan Ciawi. Turut mendampingi Presiden Jokowi, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi.
 
Jokowi mengatakan dengan peresmian Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi nanti akan mereduksi dari 464 juta meter kubik menjadi 318 juta meter kubik air yang mengalir dari hulu Ciliwung yang berada di Kabupaten Bogor hingga hilirnya di Jakarta.
 
“Bendungan ini diprediksi bisa mengurangi banjir di wilayah DKI Jakarta, khususnya di 12 kelurahan. Bendungan kering ini sudah dimulai pembangunannya mulai 2016, menghabiskan anggaran Rp1,3 triliun,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi menambahkan, dengan diresmikannya bendungan tersebut, Jokowi juga meminta pada Penjabat Gubernur DKI, Gubernur Jawa Barat, saya minta betul agar dituntaskan urusan yang berkaitan banjir di Jakarta secara konsisten.
 
Ia mengatakan, masih ada pekerjaan rumah lain, selain adanya bendungan kering sebagai pengendali banjir Jakarta. Diantaranya, normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta, sodetan Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT), tanggul laut/giant sea wall serta pengelolaan pompa-pompa yang ada dengan manajemen yang lebih baik. (TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)