Hadapi Cuaca Ekstrim, Sekda: Tingkatkan Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana

Senin, 8 Mei 14:39 Berita Terkini
Hadapi Cuaca Ekstrim, Sekda:  Tingkatkan Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana
Press Release Diskominfo Kabupaten Bogor
SENIN, 8 Mei 2023
 
 
CIBINONG- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta kepada seluruh kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana terlebih saat ini Kabupaten Bogor dihadapkan dengan potensi cuaca ekstrim. Hal itu diungkapkan Sekda Kabupaten Bogor saat  memimpin apel pagi di lingkup Setda Kabupaten Bogor, Senin (8/5/23).
 
Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin menegaskan agar segenap komponen Pemkab Bogor untuk terus melakukan  monitor, mengecek kesiapan alat, perangkat dan personil dalam menghadapi cuaca ekstrim yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir, banjir bandang, angin kencang dan tanah longsor di Kabupaten Bogor.
 
Selain itu, Burhanudin juga minta jajarannya untuk memperhatikan mitigasi bencana di seluruh daerah yang rawan bencana di Kabupaten Bogor.  
 
Terlebih Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan telah menetapkan daerahnya berstatus tanggap darurat bencana setelah Kabupaten Bogor dikepung bencana pada April 2023 lalu.
 
"Cuaca saat ini sedang tidak bersahabat, terus tingkatkan koordinasi dengan BPBD  Kabupaten Bogor secara  sinergis mengenai situasi di lapangan. Juga lakukan monitoring perkembangannya, laporkan  tiap minggu, jangan lupa  tugas kita adalah melayani  masyarakat Kabupaten  Bogor, kita digaji oleh rakyat", tegas Burhanudin.
 
Di kesempatan berbeda Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan juga berterimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat yang telah terlibat dalam upaya menghadapi ancaman dan penanggulangan bencana di Kabupaten Bogor.
 
Sebagai informasi, berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Bogor bahwa bencana alam yang terjadi di Kabupaten Bogor, mulai dari banjir, tanah longsor, angin kencang, hingga pergeseran tanah telah terjadi di 15 Desa dalam sehari.
 
Dengan rincian antara lain, peristiwa banjir terjadi di tujuh desa, yakni Desa Sadeng Kecamatan Leuwisadeng, Desa Kalong Liud Kecamatan Nanggung, Desa Harkat Jaya Kecamatan Sukajaya, Desa Bojong Kecamatan Tenjo. Kemudian, di Kecamatan Jasinga, banjir terjadi di tiga desa, yaitu Desa Kalong Sawah, Desa Koleang, dan Desa Sipak.
 
Lalu, bencana alam tanah longsor terjadi di tujuh desa, yaitu Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari, Desa Cigudeg Kecamatan Cigudeg, Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang, Desa Kalong Liud dan Desa Pangkal Jaya Kecamatan Nanggung, serta Desa Urug dan Desa Harkat Jaya Kecamatan Sukajaya.
 
Sementara, bencana alam angin kencang terjadi di tiga desa yaitu, Kelurahan Nanggewer Kecamatan Cibinong, serta Desa Cigudeg dan Desa Wargajaya Kecamatan Cigudeg. Terakhir, bencana alam pergeseran tanah terjadi di Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur. Serta data terbaru, Senin 08/5/2023  terjadi tanah longsor di Desa  Buana Jaya Tanjungsari  Bogor. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)