Gejolak Kemasyarakatan Harus Dideteksi Sejak Dini

Selasa, 11 November 21:27 Berita Kecamatan
Gejolak Kemasyarakatan Harus Dideteksi Sejak Dini

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
10 November 2014
Megamendung

Kewaspadaan dini terhadap berbagai gejolak kemasyarakatan perlu ditingkatkan. Hal tersebut disampaikan ketua FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) Gin gin Nugraha Abdullah disela-sela kegiatan Sosialisasi bertemakan” Melalui sosialisasi wawasan kebangsaan kita tingkatkan kewaspadaan dini dalam mendeteksi berbagai permasalahan yang timbul di masyarakat” di Hotel Bahtera, Senin (10/11).
“Tugas kita bersama deteksi permasalahan sebelum terjadi”, tandasnya.

Lebih lanjut, Gin gin pun berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam mendeteksi setiap gangguan yang ada. “Setiap peserta akan dibekali ilmu wawasan kebangsaan sehinga setiap mendeteksi gangguan yang ada dapat maksimal serta harus dapat mengerti kondisi dilapangan”, ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan staf ahli Bupati Bidang Pembangunan Pandji K bahwa kewaspadaan terhadap gejolak yang terjadi di masyarakat harus dilaksanakan sejak dini. “Jangan sampai ketika sudah terjadi kita baru jalan, tapi wajib kita cegah, disinilah peran elemen masyarakat”, ungkap Pandji didepan 40 peserta kegiatan sosialisasi ini.

Tak hanya itu, Pandji juga menjelaskan bahwa pemerintah Kabupaten Bogor sangat terbantu dengan adanya FKDM ini, dimana memiliki tugas sebagai fasilitator dalam temuan dalam hal  apapun (sosial, SARA, Kriminal, Hankam) yang berpotensi menimbulkan ancaman warga dan negara.“Kami terbantu sekali karena didalamnya ada unsur ulama dan tokoh masyarakat yang dapat ikut mencegah segala gangguan”, jelasnya.

Selanjutnya, Pandji pun berharap setiap peserta dapat lebih serius dan mengimplementasikannya di kehidupan bermasyarakat agar Kabupaten Bogor aman dan kondusif. “ Sekecil apapun ketika menerima informasi adanya gangguan harus dilaporkan demi menjaga situasi kondisi di wilayah dengan tujuan aman dan kondusif di wilayah Bogor”, harapnya. (arif/diskominfo kab bogor)