FKPD Kabupaten Bogor Deklarasi Tolak ISIS

Senin, 18 Agustus 09:13 Berita Terkini
FKPD Kabupaten Bogor Deklarasi Tolak ISIS

Release Diskominfo Kabupaten Bogor
14/8/2014
CIBINONG

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bogor, mendeklarasikan penolakan terhadap gerakan Islamic State Of Iraq and Syria (ISIS). Hari ini (Kamis/14/08), jajaran FKPD dikomandani Wakil Bupati Bogor menandatangani deklarasi bersama faham radikalisme ISIS di ruang Serbaguna I, Gedung Sekretariat Daerah, Cibinong.

Menurut Wakil Bupati Bogor, Nurhayanti, fokus kita saat ini yakni bagaimana kita mewaspadai perkembangan kelompok ISIS di Kabupaten Bogor. Kita harus tangkal eksistensi dan pergerakan ISIS di Indonesia khususnya di Kabupaten Bogor karena mengandung faham radikal yang berbahaya. "ISIS merupakan gerakan radikal yang dilarang di Indonesia. ISIS bertentangan dengan dasar negara Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Maka, kami menolak dengan tegas dan melarang keberadaan ISIS dan segala bentuk kegiatannya di Kabupaten Bogor. Kami menolak segala bentuk pemaksaan atau kekerasan terhadap pemahaman agama", tandas Nurhayanti.

Olehkarenanya, lanjut Wabup Nurhayanti, melalui deklarasi ini, kita siap menjaga umat dari kemurnian ajaran agama dan menolak segala bentuk penyesatan dan penyimpangan. Kemudian, siap menjaga kerukunan umat beragama, menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif di masyarakat Kabupaten Bogor dan keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Kita lakukan deklarasi ini agar memiliki satu persepsi menangkal gejolak ISIS. Pada umumnya melalui MUI di tingkat kecamatan dan desa sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kementrian Agama kita sudah sosialisasi melalui guru agama, pesantren dan majelis Ta’lim, kemudian kami punya Dinas Pendidikan (DISDIK) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) yang bisa berperan melakukan pembinaan. Kemudian perlu ada campur tangan alim ulama dalam hal pencegahan eksistensi ISIS”, paparnya usai menandatangani deklarasi.

Turut mendatangani deklarasi penolakan ISIS, Wakil Bupati Bogor, Nurhayanti, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bogor, Ketua MUI Kabupaten Bogor, Ketua FKUB Kabupaten Bogor, Kapolres Bogor, Kajari Cibinong, Ketua Pengadilan Negeri Cibinong. Hadir pada deklarasi tersebut Kapolres Depok dan Dandim Kota Depok, para tokoh masyarakat dan tokoh agama serta perwakilan ormas Islam.(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)